Pemkab Paser Usulkan Dua Program Perikanan ke Pemprov Kaltim

PASER, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser pada tahun 2021 mengusulkan dua program kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim yakni pengembangan di sektor budidaya dan tangkap perikanan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan Paser Sadarudin saat mengikuti rapat dengan Pemerintah Provinsi melalui video conference di Kantor Kominfo, Kamis (14/5).

“Dua program kami usulkan perlu dukungan pendanaan untuk kegiatan perikanan,” kata Sadarudin.

Sadarudin merinci program tersebut yaitu berupa perbaikan perikanan tangkap, kegiatan dan program budi daya dan peningkatan daya saing produk.

Sadarudin menambahkan untuk bidang tangkap pihaknya akan mengusulkan pelatihan kepada nelayan, pengadaan badan perahu, peralatan tangkap ikan, hingga pengadaan mesin kapal 9 PK.

Dalam rapat dengar Pemprov Kaltim itu juga disinggung dampak terhadap ekonomi masyarakat di masa pandemi COVID-19.

“Kegiatan perikanan diharapkan dapat menompang perekonomian daerah,’” ungkap Sadarudin.

Dinas Perikanan Paser juga akan memprioritaskan pemanfatan lahan-lahan kosong untuk budidaya perikanan.

Sebelumnya beberapa kegiatan juga sudah dilakukan seperti budidaya benur, pembukaan kolam ikan tambak, pembangunan dan perbaikan tambak.

Sebelum pandemi Dinas Perikanan Paser juga telah melakukan budidaya ikan kakap putih di perairan Pondong sebanyak 600 bibit dengan metode keramba apung.

Dengan program yang sudah dilakukan Dinas Perikanan mengharapkan itu dapat membangkitkan semangat tambak sehingga ekonomi masyarakat membaik. (Adv/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *