PASER, Gerbangkaltim.com – Muhammadiyah Cabang Kabupaten Paser membagikan 415 paket sembako kepada kepada duafa, lansia, anak yatim, difabel, guru dan tenaga pendidik serta masyarakat terdampak COVID-19 di lima kecamatan meliputi Tanah Grogot, Kuaro, Paser Belengkong, Long Ikis, dan Long Kali, sejak Selasa (20/5).

Bantuan ini diinisiasi Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC), Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah (Lazismu) dan Aisyiyah Paser, melalui progam “Ketahanan Pangan Masa Covid & Ramadhan 1441 H”  dan Sapa Guru PAUD & TK Aba.

Ketua Lazismu Paser Sukardi mengatakan program “Ketahanan Pangan Masa Covid & Ramadhan 1441 H” merupakan program nasional yang dilaksanakan bersama MCCC secara serentak sejak kemarin, Selasa.

“Program ini untuk mendukung dan mensubsidi para mustahik, kelompok rentan, dan masyarakat lainnya yang terdampak dalam memenuhi kebutuhan makanan pokok dalam durasi waktu tertentu,” kata Sukardi, Rabu.

Program tersebut lanjut Sukardi merujuk pada Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan dan penerjemahan dari beberapa rekomendasi Keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-47 Tahun 2015 terkait pangan, tanggap terhadap bencana, dan perlindungan terhadap kelompok difabel dan masyarakat rentan serta marjinal.

“Tujuan dari terselenggaranya program ini ialah terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat serta akses terhadap makanan pokok pada masa krisis yang diakibatkan COVID-19”, ujar Sukardi.

Related Post

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Paser, Maimunah Mukhsin menambahkan untuk  Program “Sapa Guru Paud Dan TK ABA” yang diinisiasi Aisyiyah dilaksanakan bertepatan dengan Milad Aisyiyah ke -106 yang bertemakan ” Gerakan Ta’awun Sosial Peduli Dampak Covid-19 Untuk Keselamatan Bangsa”.

“Bertepatan dengan Milad Aisyiyah ke-106, kami membangikan Paket Sembako kepada Guru PAUD dan TK ABA Se-Kabupaten Paser, sebagai bukti kepedulian daj dukungan Aisyah kepada Tenaga Pendidik yang terdampak oleh adanya Covid-19” ucap Maimudah Mukshin.

Ketua MCCC Paser Andri Rifandi mengatakan keberhasilan terselenggarannya penyaluran bantuan ini berkat peran dari para relawan MCCC yang tergabung dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Paser, Pimpinan Daerah Aisyiyah Paser, serta Angkatan Muda Muhammadiyah Paser.

“Saya sangat mengapresiasi semangat dan kerja keras seluruh rekan-rekan Relawan MCCC Paser yang telah bersama-sama mensukseskan program ini. Semoga Sembako yang di bagikan dapat bermanfaat bagi masyarakat Paser,” kata Andri.

“Terima kasih kepada para donatur yang telah Mempercayai MCCC dan Lazismu Paser untuk menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID -19,” imbuh Andri. (Jya)