Kominfo Paser Minta Masyarakat Unduh Aplikasi PeduliLindungi

PASER, Gerbangkaltim.com – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser meminta masyarakat untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi di smartphone masing-masing melalui playstore.

Kepala DKISP Paser Akhmad Zulfian mengatakan aplikasi tersebut dikembangkan Kementerian Kominfo untuk melakukan pelacakan dan menghentikan penyebaran COVID-19.

“Aplikasi PeduliLindungi bisa diunduh di handphone masing-masing. Tujuannya untuk mendeteksi penyebaran COVID-19,” kata Zulfian, Selasa (26/5).

Aplikasi tersebut kata Zulfian memerlukan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian.

“Dengan aplikasi itu, penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat kita lakukan,” ucapnya.

Pengguna aplikasi ini lanjut ia akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Dengan aplikasi ini ketika kita berada dalam kerumuman, dan ada yang terjangkit disekitar kita, maka alarm HP akan berbunyi, kalau ada informasi itu berarti kita harus menjauh dari area itu,”katanya.

Zulfian menerangkan, semakin banyak orang yang mengunduh aplikasi tersebut, akan mempermudah kerja pemerintah dalam penangangan COVID-19.

“Semakin banyak yang mengunduh, semakin kecil kemungkinan terjadi penyebaran Covid-19,” tutupnya. (ADV/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *