PASER, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser telah menyediakan sebanyak 125 ton cadangan beras yang diperuntukkan masyarakat terdampak bencana baik bencana banjir, longsor, dan bencana lain tak terduga.

“Kami sudah siapkan cadangan beras ada 125 ton. Saat ini beras tersebut ada di gudang bulog,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser Taharuddin usai meninjau Bulog, Selasa (26/5).

Taharuddin merinci 125 ton beras tersebut merupakan alokasi anggaran dari Dinas Ketahanan Pangan sebanyak 25 ton beras, dan selebihnya dari Bagian Kesra Sekretariat Daerah.

“Rinciannya dari kami 25 ton, dari bagian kesra 100 ton,” ujarnya.

Keduanya kata ia bersumber dari APBD Kabupaten Paser tahun 2020. Cadangan beras tersebut digunakan pada kondisi darurat pangan.

Taharuddin mengatakan sebelumnya Pemkab Paser memiliki cadangan beras sebanyak 33 ton yang tersimpan di gudang bulog.

Beras tersebut, kata dia, sudah digunakan untuk korban banjir di sejumlah kecamatan diantaranya Muara Komam, Batu Sopang, Tanah Grogot dan Pasir Belengkong.

Menurut Taharuddin cadang pangan yang ada di Dinas Ketahanan Pangan sementara ini hanya berupa cadang beras.

“Karena memang petunjuknya, aturannya sepert itu,” kata Taharuddin. Terkait bantuan sembako, lanjutnya, biasanya dilakukan oleh Dinas Sosial. (ADV/ MC Kominfo Paser)