Dua Warga Paser Terkonfirmasi Positif COVID-19

PASER, Gerbangkaltim.com – Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Paser Faisol mengatakan terdapat penambahan dua kasus terkonfirmasi positif.

“Kami kembali menerima pasien terkonfirmasi positif yakni PSR 19 dan PSR 20,” kata Amir Faisol saat konferensi pers di ruang Media Center, Selasa (16/06/2020).

Amir mengatakan kedua pasien tersebut merupakan karyawan di sebuah perusahaan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). “Keduanya warga Kecamatan Batu Sopang,” ujar Amir.

Amir menerangkan bahwa PSR 19 dan PSR 20 telah mengambil cuti kerja sejak 10 Mei 2020. Setelah masa cuti habis, lanjut Amir, keduanya ingin kembali bekerja ke perusahaannya pada 8 Juni 2020.

“Namun dua orang tersebut terlebih dahulu menjalani isolasi mandiri di Balikpapan, sambil menunggu hasil sweb,” ujar Amir.

Pada 15 Juni 2020, hasil sweb keduanya keluar. “Hasilnya terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Amir.

Amir mengatakan kedua pasien itu saat ini dirawat di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan. Gugus Tugas kata dia, telah melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang menjalin kontak dengan kedua orang tersebut.

Hasil dari rapid tes terhadap warga yang menjalin kontak dengan PSR 20 yakni nonreaktif. “Hari ini kami akan mengambil rapid test ke warga yang kontak dengan PSR 19,” kata Amir.

Dengan penambahan dua kasus ini, maka jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Paser sebanyak 20 kasus. Dari jumlah itu, sembilan orang sudah dinyatakan sembuh, dan sebelas orang masih dirawat.

Pasien yang dirawat dengan rincian yakni enam orang dirawat di RSUD Panglima Sebaya Tanah Grogot, dan lima orang di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan.

Lima orang yang dirawat di luar Paser, atau di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan itu, seluruhnya ada karyawan perusahaan. Tiga orang warga luar Kabupaten Paser dan dua orang warga Paser, yang hari ini diumumkan kasus terkonfirmasi positifnya.

“Kami mengimbau masyarakat terus menerapkan protokol Kesehatan dengan memakai masker saat keluar rumah, cuci tangan dan selalu jaga jarak,” ucap Amir. (ADV/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *