PASER, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser tengah mempersiapkan untuk penilaian anugerah parahita ekapraya, sebuah penghargaan dari pemerintah pusat bagi daerah yang memiliki perhatian terhadap pengarusutamaan gender.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan  (Bappedalitbag) dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2A) rapat koordinasi (rakor) dengan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (16/06/2020).

Wakil Bupati Paser Kaharuddin meminta kepada seluruh OPD untuk memerhatikan apa yang menjadi kebutuhan dalam lomba atau anugerah parahita tersebut.

“Sebab, anugerah atau penghargaan itu merupakan bentuk komitmen dan peran Kepala Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender,” kata Kaharuddin.

Kepala Bappedalitbang Paser Muksin mengatakan, dalam rakor ini OPD terkait harus memasukan unsur yang memuat kebijakan yang memerhatikan pengarusutamaan gender.

“Bagi para pembuat kebijakan di daerah, dapat menyusun kebijakan, program kegiatan dan penganggaran di daerah, yang responsif gender,” kata Muksin.

Kepala DPPKBP2A Paser Hadijah mengatakan, dalam rakor ini OPD terkait Menyusun kegiatan atau program yang responsif gender.

“Kegiatan ini menggunakan analisis gender dan pembuatan pernyataan anggaran responsif gender yang dapat langsung berkaitan dengan sasaran inti yaitu masyarakat,” kata Hadijah. (ADV/MC Kominfo Paser)