Pemkab Paser Tak Bisa Bangun Pasar Pagi Terbakar

PASER, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser tidak bisa membangun pasar pagi yang terbakar pada Minggu (31/05/2020) lalu. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Disperindagkop UKM) Paser Chandra Irwanadi.

Menurut Chandra, Pemkab Paser hanya sebatas memberikan pembinaan dan pengarahan kepada para pedagang yang lapaknya terbakar itu.

“Jadi untuk itu  kami hanya membina dan mengarahkan  para  pedagang yang ada,” kata Chandra, Selasa (16/06/2020).

Chandra mengatakan Pemkab Paser tidak bisa membangun kembali pasar tersebut dikarenakan tanahnya bukan tanah milik Pemerintah Daerah.

Oleh karena itu, lanjut ia, Pemkab Paser menyerahkan sepenuhnya persoalan apakah akan kembali dibangun pasar di lahan itu, kepada para pedagang atau pemilik tanah tersebut.

Chandra menegaskan bahwa para pedagang yang berjualan di pasar itu memiliki kewenangan sendiri untuk menentukan nasib mereka kedepan.

Menurutnya, banyak para pedagang yang berjualan di pasar itu sehingga cukup banyak kepentingan.

“Untuk lokasi berjualan yang terbakar bukan ranah kewenangan Disperindagkop dikarenakan banyak yang terlibat didalamnya,” katanya.

“Karena itu lahan milik masyarakat jadi  mereka akan membangun kembali  di lokasi mereka,” tegasnya. (ADV/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *