Sekda Paser Lantik BPD Kecamatan Muara Komam

PASER, Gerbangkaltim.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya melantik Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kecamatan Muara Komam, Rabu (24/06/2020). Dalam rangka menerapkan protokol kesehatatan pelantikan dilaksanakan dua tahap.

“Tahap pertama 6 desa dan tahap kedua 5 desa. Ini penerapan protokol kesehatan dengan menjaga jarak,” kata Katsul.

Pelantikan BPD dari 11 desa di Kecamatan Muara Komam, menurut Katsul, harus segera dilakukan mengingat ada tugas penting yang harus segera dikerjakan.

Katsul mengatakan dalam tiga bulan kedepan BPD memiliki tugas mengawal roda pemerintahan desa diantaranya penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes).

“Oleh karena itu saya minta segera ditunjuk masing-masing ketua untuk mengawal RKPDes,” katanya.

Pelantikan BPD seluruh kecamatan biasanya dilaksanakan secara bersamaan namun karena pandemi COVID-19 pelaksanannya kali ini dilakukan di masing-masing kecamatan.

Selain pelantikan BPD di Kecamatan Muara Komam, di hari yang sama juga dilaksanakan pelantikan BPD di Kecamatan Batu Sopang.

“Selanjutnya kecamatan lain menyusul,” ujar Katsul.

Camat Muara Komam Abdul Rasyid mengatakan setelah kegitan ini, anggota BPD akan mengikuti pembekalan terkait tugas dan fungsi BPD di dalam pemerintahan desa.

“Setelah pelantikan akan ada pembekalan tentang tugas dan fungsi BPD, sekaligus pemilihan untuk Ketua BPD,” kata Rasyid.

Rasyid mengucapkan terima kasih kepada semua pihak seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, kepala dan perangkat desa serta pendamping desa yang telah menyukseskan pelantikan BPD tersebut. (ADV/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *