BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kaimantan Utara (Kaltimtengseltara) menyerahkan bantuan berupa Alat Perlindungan Diri (APD) kepada para tenaga medis di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Bantuan tersebut merupakan hasil dari aksi penggalangan dana sukarela pegawai BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia melalui Gerakan Gotong Royong Bantu Tenaga Kesehatan Cegah Corona (GEBAH CORONA) yang diprakarsai BPJS Kesehatan beberapa waktu lalu.

“Para tenaga medis sudah bekerja keras mempertaruhkan kesehatan, bahkan nyawanya, demi melindungi masyarakat. Saatnya kita bergerak juga melindungi tenaga medis. Apalagi di tengah kondisi saat ini APD sulit dicari karena banyaknya kebutuhan. Mudah-mudahan bantuan ini dapat mendukung kelancaran para tenaga medis dalam menjalankan tugasnya. Bantuan lainnya sudah didistribusikan kepada beberapa rumah sakit yang benar-benar membutuhkan,” ujar Deputi Direksi Wilayah BPJS Kesehatan Kedeputian Wiliayah Kaltimtengseltara C. Falah Rakhmatiana usai acara penyerahan bantuan APD di ruang rapat RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo, Senin (29/06).

Falah mengatakan, bantuan berupa 550 buah masker, 375 buah masker bedah, 500 buah sarung tangan karet, 55 baju pelindung medis, dan 15 baju APD lengkap itu nantinya akan didistribusikan kepada para tenaga medis yang bertugas di lapangan.
“Gotong royong bersama ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap kesehatan dan keselamatan tenaga medis yang bertugas melayani masyarakat di tengah pandemi virus corona. Mudah-mudahan langkah ini bisa menginspirasi masyarakat luas dan instansi lainnya untuk turut bergerak mendukung kerja tenaga medis,” ucap Falah.

Saat ini, angka pasien positif corona di Indonesia terus meningkat tajam hingga mencapai lebih dari 1000 kasus. Dukungan dari masyarakat pun sangat diperlukan agar tenaga medis bisa melakukan pekerjaannya dengan aman.

Di sisi lain, Direktur Utama RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo dr. Edy Iskandar mengatakan pihaknya mengapresiasi kepedulian yang luar biasa dalam GEBAH Corona. Menurutnya, aksi penggalangan dana tersebut menurut wujud nyata instansi dan masyarakat untuk membantu tenaga medis melawan Covid-19.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah menginisiasi gerakan kemanusiaan ini. Bantuan APD selanjutnya akan didistribusikan kepada tenaga medis yang bertugas di RSUD ini. Bagi masyarakat, mohon bantu kami untuk mematuhi imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19. Mudah-mudahan wabah virus corona ini dapat segera berlalu. Mari kita bersama-sama lawan Covid-19,” ujar Edy. (mh/gk)