Antisipasi New Normal, Pertamina Serahkan Bantuan ke Rumah Cagar Budaya Dahor

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Dampak pandemi covid-19 berdampak ke seluruh kehidupan masyarakat, termasuk untuk Rumah Cagar Budaya (RCB) Dahor yang ditutup sejak pertengahan bulan Maret lalu.

Sejak diberlakukannya larangan beraktivitas oleh Pemerintah, RCB Dahor langsung menghentikan berbagai kegiatan yang biasa dilakukan, seperti menerima kunjungan wisatawan, pagelaran acara yang bersama dengan berbagai komunitas di Balikpapan, serta acara rutin lainnya seperti kerja bakti dan senam yang dilaksanakan setiap bulannya.

Rudiansyah, salah satu relawan pegiat RCB Dahor yang tergabung dalam Dahor Heritage Balikpapan mengungkapkan sebelum pandemi angka kunjungan wisatawan lokal maupun dari luar balikpapan mencapai 200 orang pengunjung setiap bulannya, namun sejak pertengahan Maret RCB Dahor ditutup untuk mencegah penularan virus Covid-19. “Hampir selama 4 bulan RCB kami tutup guna mendukung program Pemerintah mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19”, termasuk membatalkan beberapa kegiatan yang telah dijadwalkan untuk dilaksanakan di RCB Dahor”, ujar Rudiansyah.

Dalam penyerahan bantuan ke RCB Dahor, Region Manager Communication & CSR Kalimantan, Roberth M.V. Dumatubun menyampaikan bahwa bantuan berupa perlengkapan protokol pencegahan covid tersebut diberikan oleh Pertamina untuk mengantisipasi new normal. “Bantuan berupa fasilitas dispenser beserta sabun cuci tangan, hand sanitizer, tissue dan cairan pembersih tersebut untuk menjaga kebersihan di RCB Dahor apabila akan dibuka kembali untuk umum setelah kondisi pandemi dianggap telah terkendali”, lanjut Roberth.

“Saat ini RCB Dahor memang belum dibuka untuk kegiatan kunjungan seperti dalam kondisi normal, namun tetap menerima beberapa kunjungan dengan jumlah peserta yang terbatas untuk keperluan riset dan penelitian”, ujar Roberth.

Roberth juga menyampaikan harapannya agar nantinya RCB Dahor dapat semakin bermanfaat tidak hanya untuk keperluan pendidikan dan sejarah perkembangan industri minyak di kota Balikpapan, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan komunitas masyarakat kota Balikpapan, sehingga semakin banyak masyarakat yang datang dan mencintai RCB Dahor. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *