Penerimaan PBB di Paser Ditargetkan Rp.4 Miliar

PASER, Gerbangkaltim.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Paser menargetkan penerimaan daerah dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2020 sebesar Rp4 Miliar lebih.

“Target PBB tahun ini Rp4, Milyar lebih, ada peningkatan dari tahun 2019,” kata Kepala Bapenda Paser Afrah Nahetha saat menggelar kegiatan penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (SPPT PBB-P2) di aula kantor Kecamatan Muara Samu, Selasa (30/06/20).

Afrah mengatakan untuk memenuhi target itu diperlukan kepatuhan masyarakat Paser dalam membayar PBB-P2 karena penerimaan dari sektor itu nantinya akan juga dinikmati pedesaan melalui pendapatan desa.

“Untuk masyarakat perdesaan khususnya Kecamatan Muara Samu mudah-mudahan masyarakat cukup patuh dulu dalam membayar pajak pembangunan dan untuk menambah pendapatan desa  nanti kedepannya,” harapnya.

Per Mei 2020 untuk PBB-P2 kata Afrah baru mencapai 8,10 persen, masih jauh dari yang ditargetkan untuk tahun ini. Afrah mengatakan penyampaian SPPT PBB-P2 di Kecamatan Muara Samu dan di beberapa kecamatan lain, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah khususnya dari sektor pajak. Kegiatan itu dihadiri oleh Plh. Camat Samu, Umar Dhani serta perwakilan dari 9 Desa di kecamatan itu.

Lebih lanjut Afrah menjelaskan, Bapenda Paser telah menyediakan Aplikasi Pengecekan Tagihan atau Informasi PBB Penyampaian SPPT PBB-P2 melalui Aplikasi Cek PBB Kabupaten Paser dan dapat diinstal  melalui Playstore, khusus berbasis android.

Selama kegiatan sosialisasi, Afrah menilai tidak ada kendala dengan perangkat desa selaku operator penginput SPPT.

“Penyampaian SPPT dengan petugas desanya tidak ada kendala ataupun permasalahan karena kita langsung ke kecamatannya, hanya saja permasalahannya saat penyampaian objek pajak, subjek pajak dan pembayaran PBB-nya,” jelas Afrah.

Pembayaran PBB kata Afrah masih tetap langsung dilkukan di bank kaltimtara atau ke kantor Bapenda. Di akhir kegitan Afrah Naheta memberikan penyerahan SPPT secara simbolis ke Desa Tanjung Pinang. (ADV/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *