BALIKPAPAN, Gerbangkalltim.com,– Setelah terjadi penundaan secara nasional karena adanya pandemic Covid-19, Polda Kaltim kembali menggelar seleksi Penerimaan Polri Tahun 2020 dengan mengutamakan protocol Kesehatan secara ketat.

Seharusnya seleksi harus dimulai pada awal Maret 2020 lalu, namun karena pandemi Covid-19 masih meluas, maka pelasananya tertunda dan baru dimulai pada awal Juli 2020 ini, bersamaan dengan diberlakukannya new-normal.

“Tahapan seleksi akan menerapkan Protokol kesehatan Covid-19, baik test teori maupun praktek” kata Karo SDM Polda Kaltim Kombes Pol. Marjuki, S.I.K., M.Si, Kamis (2/7/2020).

Dalam protokol kesehatan tersebut,  panitia nantinya akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD). Sedangkan untuk peserta seleksi wajib menggunakan masker mencuci tangan,dan tentunya akan dilakukan pengecekan suhu tubuh.

“Jika dalam pelaksanaan seleksi terdapat peserta yang memiliki suhu tubuh tinggi, kita akan melaksanakan protokol penanganan Covid-19,” katanya sembari berharap menjelang digelarnya tahapan seleksi, para peserta sudah mempersiapkan diri serta meningkatkan kemampuannya.

KAPOLDA SUMPAH PANITIA SELEKSI

Sementara itu, untuk menjaga integritas, Biro SDM Polda Kalimantan Timur menggelar Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas dalam rangka Seleksi Penerimaan Polri TA. 2020 untuk Taruna Akpol dan Tamtama di Gedung Mahakam Polda Kaltim, Kamis (02/07/2020).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Muktiono, S.H., M.M., dan dihadiri oleh Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol. Edhy Moestofa, M.H., para Panitia Internal, Eksternal, serta para peserta dan orang tua wali peserta.

“Dengan sumpah itu, panitia agar memegang tegas system BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dan Clean and Clear,” katanya.

Ditempat terpisah, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana menerangkan jumlah peserta Seleksi Penerimaan Polri TA. 2020 untuk Taruna Akpol dan Tamtama untuk daerah Kaltim ada sebanyak 268 peserta terdiri dari 122 calon Taruna Akpol dan 146 calon Tamtama Brimob dan Polair.

Ada beberapa tahapan dalam seleksi di antaranya pemeriksaan administrasi awal, Pemeriksaan Kesehatan tahap I, Pemeriksaan Psikologi Tahap I, Uji Jasmani, Uji Renang, Anthropometri, Uji Akademik, Pemeriksaan Kesehatan Tahap II, Penelusuran Mental Kepribadian dan Psikologi Tahap II.

“Selanjutnya Administrasi Akhir, dan Sidang Kelulusan Akhir, diperkirakan akan berakhir pada akhir Juli,” terang Ade Yaya

sumber: Humas Polda Kaltim