Badan Usaha Kecamatan Diharap Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

PASER, Gerbangkaltim.com – Keberadaan Badan Usaha Milik Kecamatan (BUMK) diharap mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di kecamatan tersebut hingga ke tingkat pedesaan. Salah satu kecamatan di Kabupaten Paser Kalimantan Timur, yaitu Kecamatan Muara Komam baru saja mendirikan BUMK yang diberi nama ‘BUMK Pamungkas’.

“Harapan kami BUMK bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dengan produk-produk lokal pelaku usaha di kecamatan ini,” kata Camat Muara Komam Abdul Rasyid, Kamis (09/07/2020).

Seperti diketahui bahwa pada Selasa (07/07/2020) lalu, Camat Muara Komam Abdul Rasyid baru saja melantik pengurus BUMK Muara Komam.

Menuru Camat Muara Komam Abdul Rasyid mengatakan BUMK Muara Komam bekerja sama dengan muspika kecamatan, Tim Penggerak PKK, dan Pemerintahan Desa.

“BUMK nanti menjual produk dari Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang ada di PKK,” ujar Rasyid.

Rasyid mengucapkan terima kasih kepada perusahaan dalam hal ini PT. Kideco Jaya Agung yang mendukung sarana dan prasarana BUMK dalam hal ini berupa bantuan kepada Astha Brata Shop, salah satu kedai pusat oleh-oleh dibawah binaan BUMK kecamatan.

First Manager CSR Kideco Jaya Agung Suriyanto mengapresiasi keberadaan BUMK Muara Komam. Ia menilai pembentukan BUMK merupakan ide kreatif di tengah situasi pandemi COVID-19 ini.

“Harapan kami dengan terobosan ini maka mereka memiliki tambahan biaya hidup dari usaha yang mereka jalankan diluar usaha rutin yang mereka miliki selama ini dan juga usulan merek kami bekap agar BUMK ini lebih baik kedepan nanti,” ujar Suriyanto.

Ketua BUMK Muara Komam Sunarsih berharap hasil produksi usaha lokal dapat berkembang maju dan memacu pertumbuhan perekonomian di kecamatan. (ADV/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *