DPPU Sepinggan Siapkan Resto Apung Kampung Warna-Warni

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Mengikuti kemajuan pembangunan fisik Resto Apung Kampung Warna-Warni Teluk 1000 Manggar Baru yang sudah mencapai 50%, Pertamina Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sepinggan siapkan masyarakat sekitar untuk menjadi pengelola yang profesional dengan memberikan pelatihan manajemen organisasi, Minggu (5/7) lalu.

Bekerjasama dengan Tim Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Madani Balikpapan, kegiatan diikuti pengurus dan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), pelatihan tersebut juga disaksikan oleh Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Irma Nurmayanti dan Ahmad Mauluddin, Lurah Manggar Baru.

Operation Head Pertamina DPPU Sepinggan, Wisnu Fajar Baskoro menyampaikan bahwa program Resto Apung Teluk 1000 ini merupakan bantuan CSR Pertamina DPPU Sepinggan yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Balikpapan. “Program ini merupakan hasil kolaborasi antara program Kementerian PUPR, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) dan Disporapar Kota Balikpapan dan program CSR Pertamina DPPU Sepinggan’, lanjut Wisnu.

Wisnu menambahkan program CSR ini dilaksanakan setelah melihat potensi alam, ketersediaan sarana penunjang dan yang paling tidak kalah penting adalah potensi sumber daya manusia di wilayah Manggar Baru. “Resto Apung Teluk 1000 merupakan salah satu bagian dari Program CSR Teluk BUGARBA (Teluk Seribu Manggar Baru), yaitu program pengembangan masyarakat Manggar Baru dalam mengembangkan potensi wisata alam susur sungai dan hutan Mangrove Teluk 1000 serta upaya peningkatan ekonomi masyarakat sekitar melalui pembuatan Resto Apung sebagai bagian dari upaya memperkenalkan wisata tersebut”, ujar Wisnu.

Pelatihan manajemen organisasi ini sebagai pembekalan untuk meningkatkan keterampilan pengurus dan anggota Pokdarwis Teluk 1000 yang nantinya akan mengelola Resto Apung dan wisata alam Teluk 1000. “Diharapkan melalui pelatihan ini, akan membentuk Pokdarwis sebagai organisasi yang profesional, inovatif dan produktif”, tutup Wisnu.

Dalam sambutannya mewakili Pemerintah Kota Balikpapan, Irma menyampaikan apresiasinya terhadap kontribusi CSR Pertamina DPPU Sepinggan. “Kami dari pemerintahan Kota Balikpapan tentu tidak dapat bekerja sendiri dalam membina seluruh Pokdarwis di Kota Balikpapan, karenanya kami membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak, dalam hal ini kami sangat berterima kasih kepada Pihak Pertamina yang telah memperhatikan dan membantu Pokdarwis Teluk 1000”, lanjut Irma.

Pembangunan Resto Apung Kampung Warna-Warni Teluk 1000 sendiri dimulai sejak bulan Juni dan saat ini sudah mencapai 50% berupa pondasi dan tiang penyangga yang dibangun menggunakan anggaran APBN, sedangkan kontribusi CSR Pertamina DPPU Sepinggan berupa penyelesaian Resto Apung seperti pembuatan dapur, atap dan penyediaan peralatan masak, perlengkapan rumah makan, serta pembekalan SDM yang tergabung dalam Pokdarwis dan pendampingan program.

Program Teluk BUGARBA ini juga merupakan salah satu program CSR unggulan DPPU Sepinggan dalam upaya menuju PROPER Emas, setelah selama tiga tahun berturut-turut meraih predikat PROPER Hijau dalam penilaian aspek penaatan lingkungan yang dilakukan kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *