PASER, Gerbangkaltim.com – Jubir Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan pihaknya mencatat terdapat penambahan 12 pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Ada tambahan 12 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Kemarin saya sampaikan ada lima pasien positif,” kata Amir saat konferensi pers melalui aplikasi Zoom Meeting, Minggu (12/07/ 2020).

Kedua belas pasien tersebut kata Amir diduga menjalin kontak erat dengan PSR 23, yang beberapa waktu lalu meninggal dunia.

“PSR 43 sampai PSR 54 diduga menjalin kontak erat dengan PSR 23,” ucap Amir.

Sebelumnya kata dia Gugus Tugas telah mengambil uji sweb terhadap 90 orang yang diduga menjalin kontak erat dengan PSR 23.

Sebanyak 200 lebih tenaga kesehatan dan petugas yang bekerja di RSUD Panglima Sebaya juga telah diuji sweb.

“Satu orang petugas yang bekerja di RSUD terkonfirmasi positif yaitu PSR 30,” ujar Amir.

Related Post

Gugus Tugas berencana mengambil 20 sampel sweb kepada orang-orang yang juga menjalin kontak erat dengan PSR 32, PSR 33, PSR 34 dan PSR 43 hingga PSR 54. Semuanya saling kontak erat dengan PSR 23.

Amir mengatakan dengan penambahan kasus ini maka total pasien terkonfirmasi positif yakni sebanyak 54 orang, 24 pasien dinyatakan sembuh, 1 pasien meninggal, dan 29 pasien dirawat.

Dari 29 pasien positif, 23 pasien diantaranya dirawat di rumah isolasi eks RSUD Panglima Sebaya dan 2 pasien dirawat di RSUD Panglima Sebaya.

Keempat pasien lain dirawat di Balikpapan. Dua diantaranya di Rumah Sakit Kanujoso dan dua pasien dirawat di Rumah Sakit Pertamina.

Penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Paser menurut Amir mengalami kenaikan yang siginifikan sejak kasus pertama pada April lalu.

“Oleh karena itu kami mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak serta jaga daya tahan tubuh,” ucap Amir. (ADV/MC Kominfo Paser)