Tambah Satu Pasien, Total 55 Kasus Covid-19 di Paser

PASER, Gerbangkaltim.com – Jubir Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Paser mengatakan terdapat penambahan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Tambahan satu pasien, PSR 55, laki-laki berusia 55 tahun ber-KTP Sumatera Barat,” kata Amir saat konferensi pers di ruang Media Center, Kamis (16/07/2020).

Amir mengatakan PSR 55 merupakan salah satu karyawan perusahaan di Batu Sopang yang menjalani masa cuti.

“PSR 55, Orang Tanpa Gejala (OTG). Saat ini dirawat di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan,” ujarnya.

Amir menjelaskan saat ini, terdapat 41 pasien yang dirawat di rumah isolasi eks RSUD Panglima Sebaya di Jalan Cipto Mengunkusomo Tanah Grogot.

Keempat puluh satu pasien tersebut, terdiri dari 23 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berstatus OTG plus. OTG plus merupakan pasien positif Covid-19 yang tidak memiliki gejala Covid-19.

Lanjut Amir, sisanya yakni sebanyak 18 pasien di rumah isolasi tersebut, merupakan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Dengan penambahan kasus ini, maka total kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Paser yakni sebanyak 55 kasus, 25 pasien diantaranya sudah dinyatakan sembuh melalui hasil sweb dua kali berturut-turut negatif.

“Jadi total ada 55 kasus, 25 pasien sembuh, 1 pasien meningeal dunia, dan sisanya masih dalam perawatan,” kata Amir.

Pemkab Paser saat ini sudah memiliki alat PCR sendiri sehingga bisa mendeteksi pasien positif dan tidak perlu lagi mengirim sampel Swab ke Balikapapan.

Gugus Tugas meminta masyarakat tetap waspada dikarenakan kasus positif Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan sejak April 2020 lalu.

“Kami mengimbau masyarakat terus mematuhi protokol Kesehatan yaitu dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak di setiap aktivitas,” pungkas Amir. (ADV/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *