Terjadi 30 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, Kapolda Apresiasi Kabupaten Mahulu Masih Nol Kasus (update)

SAMARINDA, Gerbangkaltim.com,– Hingga Rabu (22/7/2020) kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kaltim masih tinggi. Bahkan laporan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim menyebutkan, hari ini bertambah 30 kasus positif baru, sehingga seluruhnya menjadi 994 kasus.

Infografis Covid-19 Kaltim Rabu, 22 Juli 2020. (sumber: IG Dinas Kesehatan Kaltim)

Dari data saat ini menunjukkan hanya Kabupaten Mahakam Hulu (Mahulu) merupakan satu-satunya wilayah kabupaten dan kota di Kaltim yang belum terpapar Covid-19. Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono memberikan apresiasi kepada Pemkab Mahulu dan jajarannya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengungkapkan, perlu adanya kesadaran dan disiplin masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan covid-19 untuk menekan kasus penularan

“Protokol kesehatan, menggunakan masker dalam berbagai aktivitas, menjaga jarak, hindari kerumunan serta rutin mencuci tangan, harus disiplin dilakukan,” ujarnya seperti yang dimuat Inibalikpapan.com (22/7/2020).

Kata dia, masyarakat jangan lalai dalam penerapan protokol kesehatan. Karena dengan protokol kesehatan bukan saja menghindar dari penularan covid-19, juga menyelamatkan orang sekitar maupun keluarga juga dari penularan

“Karena, siapa saja bisa tertular. Masyarakat jangan lalai. Perlu ada kesadaran bersama semua masyarakat , jangan karena merasa kita sehat,” ujarnya.

Sementara pasien positif covid-19 yang sembuh juga cukup tinggi. Karena per 22 Juli 2020, ada penambahan 30 pasien sembuh. Sehingga jumlah pasien sembuh mencapai 620 kasus.

Namun pasien positif covid-19 yang meninggal dunia juga bertambah 3 kasus hari ini, sehingga seluruhnya menjadi 22 kasus dari sebelumnya 19 kasus.

KAPOLDA KALTIM APRESIASI MAHAKAM HULU

Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono, dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Mahulu di Ujoh Bilang, memberikan apresiasi kepada Bupati dan jajarannya. Apresiasi itu terkait kinerja pemerintah setempat yang berhasil mempertahankan wilayahnya dari penyebaran Covid-19. Sehingga hingga sampai saat ini, Kabupaten Mahulu masuk daerah hijau atau wilayah yang belum terpapar Covid-19.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono ketika disambut di Mahulu.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya yang ikut dalam kunjungan itu mengatakan Kapolda secara khusus dalam sambutannya di Lamin Ujoh Bilang memberikan apresiasi kepada Pemkab Mahulu, TNI-Polri dan  elemen masyarakat  lainnya.

Selama pandemic, Pemkab Mahulu membentuk Satgas Covid-19 bersama Kodim 0912 dan Polres Kubar. Bahkan satgas dan relawan tidak hanya terkosentrasi di wilayah ibukota kabupaten melainkan hingga ke kecamatan-kecamatan dengan melibatkan jajaran Koramil dan Polsek serta relawan di wilayah Mahulu.

“Patut dicontoh sampai saat ini Mahulu satu-satunya daerah di Kaltim yang belum terpapar virus Corona. Ini bukan pekerjaan mudah, namun perlu sinergritas dan menyatukan komitmen,” kata Kapolda Kaltim dalam sambutannya di depan Bupati Mahulu Bonifasius Belah Geh dan Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, serta tokoh adat, tokoh masyarakat Mahulu yang hadir di Lamin Ujoh Bilang.(san/tri)

Sumber: Humas Polda Kaltim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *