BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Dewan Pimpinan Daerah I Partai Golkar Kaltim sudah memastikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Balikpapan Thohari Azis sebagai wakil walikota balikpapan merupakan pendamping final bakal calon Walikota Balikpapan Rahmad Masud dalam Pilkada Serentah Desember 2020 mendatang.

“1000 persen, kami pastikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Balikpapan Thohari Azis sebagai wakil walikota balikpapan merupakan pendamping final bakal calon Walikota Balikpapan Rahmad Masud ” ujar Rudi Mas’ud, Ketua DPD I Partai Golkar Kaltim, disela-sela Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Balikpapan, Minggu (26/07).

Kepastian Thohari Azis sebagai pendamping Rahmad Masud ini sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan DPP Partai. “Saya sendiri yang mengantarkan Pak Haji Rahmad Masud dan Pak Thoahri Azis untuk mengambil rekomendasi itu Ke DPP Partai Golkar,” ujar Rudy.

Rudy menambahkan, dia (Thohari Azis) memiliki kapasitas untuk bisa mendampingi Rahmad Mas’ud karena juga memiliki elektabilitas yang cukup baik di Kota Balikpapan. “Sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Pak Thohari memiliki kapasitas untuk menjadi wakil walikota,” jelasnya.

Sedangkan soal rekomendasi Partai Gerindra yang memasangkan Rahmad Mas’ud dengan kadernya Sabaruddin Panrecalle yang juga Wakil Ketua DPRD Balikpapan, anggota DPR RI ini enggan berkomentar.
“Kalau rekomendasi Gerinda bukan kapasitas saya menjawabnya, kapasitas saya adalah Partai Golkar. Setahun saya, rekomendasi maju apakah itu bertarung secara demokratis atau lawan kotak kosong,” tegasnya.

Tidak main-main, DPD I Partai Golkar Kaltim menargetkan meraih 80 persen lebih dukungan masyarakat bagi Rahmad Masud dan pasangannya dalam pilkada serentak 9 Desember mendatang.

“Meski DPP hanya menargetkan kemenangan 60 persen minimum, namun kami yakin Rahmad Masud dan pasangannya akan mampu meraih kemenangan 80 persen suara di Balikpapan , walaupun dari DPP menargetkan 60 persen,” ujar Rudi.

Sementara itu DPP Partai Golkar sampau saat ini sudah mengeluarkan 5 rekomendasi dukungan pasangan yang diusung diusung pada Pilkada Serentak di Kaltim. Dari 9 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak di Kaltim, Golkar sudah mengeluarkan 5 surat rekomendasi yaitu Balikpapan, Bontang, Mahakam Ulu, Kutai Timur, Kutim dan Berau.

“Insya allah dalam waktu dekat Kabupaten Kukar, Paser, Samarinda dan Kubar, akan menyusul. Dan semau pasangan wajib memenangkan Pilkadanya,” jelasnya.

Dimasa pandemi covid-19 ini, Lanjut Rudy akan n sangat mempengaruhi dukungan suara pemilih, karena tim kampanye tidak bisa melaksanakan kampaye terbuka dengan melibatkan massa dalam jumlah yang besar. “Strateginya kami akan melakukan kampanye n door to door, karena kita tidak bisa mengumpulkan massa, dimasa pandemi ini,” ujarnya.

Sementara itu, menanggapi komentar Rudi Mas’ud, Ketua DPD I Partai Golkar Kaltim yang memastikan Balon Walikota Balikpapan H Rahmad Masud akan berpasangan dengan Ketua DPC PDIP Kota Balikpapan Thohari Azis, H Rahmad Masud mengatakan politik itu masih dinamis.

“Itu pernyataan pak Rudy, bukan saya dan wajar saja karena pa Rudy menyatakan pernyataannya sesuai kapasitasnya sebagai Ketua Ketua DPD I Partai Golkar Kaltim, saat ini kondisi politiknya masih dinamis. Namun untuk saya masih harus menunggu hasil rapat keluarga dulu, siapa nantinya yang akan saya gandeng untuk menjadi balon wakil walikota Balikpapan,” tegas Rahmad Masud.

Kepastian pasangan itu, Lanjutnya akan dapat diketahui nantinya setelah dirinya dan pasangannya mendaftarkan diri di KPU Kota Balikpapan. (mh/gk)