Polda Kalsel Bekuk Komplotan Narkoba Lintas Provinsi, 200 Kg Sabu Dibawa dari Kaltara

BANJARMASIN, Gerbangkaltim.com– Komplotan pengedar narkoba lintas provinsi dibekuk jajaran Ditreskrim Narkoba Polda Kalsel di Sienna Inn, Jl Sutoyo S, Banjarmasin Tengah, Kamis (6/8) pagi.

Menurut Diresnarkoba Polda Kalsel, Kombes Pol Iwan Eka Putra, yang memimpin penangkapan, dari pengungkapan kasus ini disita sepuluh karung sabu yang diperkirakan dengan berat 200 kilogram.

“Barang bukti itu berada di sebuah mobil bus hitam dengan nomor polisi, KT 1668 GC,” jelas Kombes Iwan.

Sementara pelakunya, sambung Kombes Iwan, diamankan empat orang. Dua orang sebagai pengantar, dan dua lagi yang menjemput.

Menurut Iwan yang di dampingi Wadir Narkoba Polda Kalsel, AKBP Budi Hermanto, pengungkapan ini hasil pengembangan kasus sebelumnya, Maret 2019. Ketika itu selain tersangkanya juga disita barang bukti 208 kilogram.

Komplotan ini diduga mengedarkan sabu lintas provinsi dengan barang haramnya dibawa dari Kalimantan Utara. Namun polisi belum merinci komplotan ini. Alasannya masih melakukan pendalaman.

Dipasok dari Malaysia

Sementara itu, , sabu seberat 200 kilogram, yang disita dari dua pria di parkiran Sienna Inn, Banjarmasin Tengah, ternyata dipasok dari negeri jiran, Malaysia.

Soal asal negeri tetangga itu, diungkapkan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Nico Afinta, saat meninjau langsung  lokasi penangkapan, Kamis (6/8) pagi.

Menurut Irjen Nico, sabu dibawa dua pria dari Kalimantan Utara, melewati Kalimantan Timur, hingga  sampai ke Kalsel.

“Ketika itu, Selasa (4/8), kita amankan dua orang,” imbuh Pati Polri bintang dua tersebut.

Sejak Selasa itu, sambung kapolda, sengaja tidak ada ekspose pemberitaan. Namun begitu barang diambil penjemputnya, dua orang lagi kita amankan, sekaligus dengan penyitaan.

“Baru hari ini, Kamis (6/8), kita berhasil mengamankan dua orang komplotan pengedar narkoba lintas negara ini,” tandas Irjen Nico.

Diakui kapolda, pengungkapan kasus ini hasil kerja tim gabungan, yakni Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Merah Putih yang dikomando langsung Kapolri dan Kabareskrim Polri. (emy/foto: ist)

sumber: banuapost.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *