PASER, Gerbangkaltim.com – Tim gabungan Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Paser terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan gencar  kegiatan patroli dan edukasi penerapan protokol kesehatan di sejumlah tempat kerumunan massa.

“Kami terus melakukan patroli dan edukasi kepada masyarakat agar menjalankan protokol Kesehatan,” kata coordinator tim gabungan patroli, Sarman, yang juga Kepala Bagian Operasional Polres Paser, Senin (10/08/2020).

Patroli dilaksanakan satu kali dalam seminggu yakni pada hari Sabtu malam, di tempat kerumunan massa seperti kafe, angkringan dan rumah makan.

Dalam patroli gabungan tersebut, Satgas menerjunkan 100 personil dari Polres Paser, Satpol PP, Kodim 0904 Tanah Grogot, Brimob, Dinas Perhubungan dan BPBD.

“Patroli ini sudah sejak 4 bulan yang lalu dan kami mulai dari pukul 21.00,” ungkap Sarman.

Di setiap tempat kerumunan massa, kata Sarman, petugas mengimbau masyarakat dan pemilik kafe maupun angkringan agar menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter dengan tidak membuat kerumunan.

Sebelumnya lanjut dia, Satgas Covid-19 Kabupaten Paser telah membuat perjanjian dengan pemilik kafe dan angkringan serta tempat hiburan malam, untuk mematuhi imbauan protokol kesehatan itu.

“Kami sudah sepakat membuat perjanjian, tempat hiburan dan angkringan di saat Covid-19 ini, harus menyediakan tempat cuci tangan, satu meja maksimal diisi oleh 2 orang, dan mewajibkan pengunjung menggunakan  masker,” jelas Sarman.

“Apabila tidak mengindahkan perintah dari tim keamanaan akan dikordinasikan untuk dicabut izin jualnya,” tegas Sarman.

Sarman menerangkan dalam kegiatan patroli itu, Satgas COVID-19 Kabupaten Paser lebih menekankan edukasi kepada masyarakt agar tidak melanggar protokol Kesehatan

Dikemukakannya, sebagian besar masyarakat telah menaati imbauan melaksanakan protokol masyarakat. Namun, Sebagian dari mereka, terutama dari kalangan remaja masih didapat abai terhadap imbauan tersebut.

Ia berharap masyarakat generasi muda lebih peduli akan kesehatan agar tidak terpapar virus COVID-19.

“Generasi muda harus tetap waspada dengan adanya Covid-19, keluar rumah jika perlu saja, jaga jarak, menggunakan masker, sayangi diri agar masyarakat Paser tetap sehat,” tutup Sarman. (ADV/MC Kominfo Paser)