BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Memperingati hari Pramuka ke 59 tahun, 15 Agustus 2020 dengan tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanganan Covid-19 dan Bela Negara”, Ketua Kwarcab Balikpapan H Rahmad Mas’ud mengajak anggota pramuka harus eksis dan ikut membantu pemerintah dalam pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 .

Menurutnya Pramuka merupakan penyelenggara pendidikan kepanduan untuk membina generasi muda mencapai potensi sosial, spiritual dan intelektual secara maksimal.

“59 tahun Pramuka mencetak tunas muda yang berkarakter dalam membela Bangsa. Ditengah pandemic, gerakan pramuka harus tetap bersemangat peran aktif memutus rantai covid dan membantu sesama. Selamat hari Pramuka. Satyaku darmakan darmaku kubaktikan. Saya H Rahmad mas’ud Ketua Kwarcab Pramuka Balikpapan,”tuturnya saat hari pramuka dalam akun instagram pribadinya.

Kwarcab Balikpapan menggelar upacara hari Pramuka secara sederharna di kantor Kwarcab Balikpapan Gunung Pasir dengan tetap memperhatikan dan menjalankan protocol kesehatan covid-19.

Sejalan itu dengan itu, Rahmad yang juga wawali Balikpapan meminta anggota Pramuka untuk ikut menyosialisasikan protocol kesehatan mengingat kasus covid di Balikpapan terus meningkat termasuk angka kematian Covid-19.

Sosialisasi bisa dimulai dengan tetap menggunakan masker terutama di kalangan keluarga, saudara dan kerabat dekat, termasuk menjaga jarak, rajin mencucu tangan.

“Sebab kepedulian menerapkan protocol kesehatan harus dibangun bersama, karena pemerintah tidak mungkin bisa melakukan sendiri tanpa dukungan berbagai pihak dalam melawan penyebaran virus covid19,’ tandasnya saat memimpin upacara HUT Pramuka ke 59 tahun, (15/8/2020).

Disamping itu, Pramuka juga harus menjadi elemen bangsa yang tangguh dan siap menghadapi perubahan zaman seperti sekarang ini.

“Perubahan sekarang ini akibat pandemic global menyebabkan kita mau tidak mau suka atau tidak suka harus bisa beradaptasi pada kebiasaan baru. Pramuka harus mampu menjawab dan menjelaskan kepada masyarkaat terhadap perubahan besar ini,”katanya.

Dalam upacara peringatan Hari Pramuka ini juga dilakukan pemberian tanda penghargaan orang dewasa yakni lencana Pancawarsa. Penghargaan diberikan kepada anggota yang dengan kesetian dan keaktifannya. (mh/gk)