PASER, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kabupaten Paser saat ini sedang merekap data pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (Blt) dari pemerintah pusat sebesar Rp2,4 Juta.

Asisten Ekonomi Setda Paser Ina Rosana mengatakan saat ini penerimanya sedang didata oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM).

“Kita sedang mendata hingga September minggu kedua. Dari Disperindagkop sudah menyebar format persyaratan kepada Kepala Desa,” kata Ina, Rabu (19/08/2020).

Ina mengatakan pemerintah pusat telah menyediakan kuota 12 juta penerima Blt dari pelaku UMKM. Ia menilai bantuan yang dikucurkan untuk pelaku UMKM itu, bertujan utnuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Makanya pemerintah mengucurkan bantuan itu,” ujar Ina.

Persyaratan dari pemerintah pusat bahwa penerima bantuan tersebut yaitu UMKM yang belum memiliki akses perbankan dan saldo tabungan maksimal Rp2 juta.

Ina berharap perekonomian masyarakat perlahan membaik mengingat perekonomian daerah di pandemi Covid-19 ini mengalami penurunan sebesar  minus 6,53 di Kaltim, lebih tinggi dari penurunan ekonomi di tingkat nasional sebesar  minus 5,32.

“Perekonomian masyarakat kita harapkan meningkat. Kita liat pasar, plaza, tempat rumah makan tetap kita persilahkan buka, namun Harus  tetap jaga protokol kesehatan. Dalam waktu singkay gugus tugas akan mengeluarkan peraturan bupati terkait protokol kesehatan saat ini.

“Kita liat pasar, plaza, tempat rumah makan tetap kita persilahkan buka. Namun harus  tetap jaga protokol kesehatan. Dalam waktu singkat gugus tugas akan mengeluarkan Peraturan Bupati tentang protokol kesehatan,” ucapnya. (ADV/MC Kominfo Paser)