PASER, Gerbangkaltim.com – Jubir Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan terdapat penambahan 10 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga jumlah kasus positif saat ini sebanyak 150 kasus.

“Ada penambahan 10 kasus positif hingga pagi ini,” kata Amir saat konferensi pers di ruang Media Center, Rabu (19/08/2020).

Dengan penambahan 10 kasus itu, kata Amir maka jumlah kasus Covid-19 hingga 19 Agustus 2020, sebanyak 150 kasus.

“Dari 150 kasus, sudah ada 126 pasien yang sembuh, 4 pasien meninggal dunia dan 20 pasien masih dalam perawatan,” ujar Amir.

Kedua puluh pasien yang masih dirawat itu diantaranya 11 orang di ruang isolasi eks RSUD Panglima Sebaya, 5 orang menjalani isolasi mandiri dan 4 orang dirawat di ruang isolasi eks RSUD Jalan Cipto Mangunkusomo Tanah Grogot.

Amir mengemukakan, untuk mencegah penyebaran Covid-19, Satgas Covid-19 terus melakukan tracing dengan mengambil uji swab terhadap orang-orang yang menjalin kontak erat.

Namun menurutnya, pemakaian masker di tengah masyarakat saat ini mulai berkurang.

Agak berkurang pemakaian masker. Sekitar 60 persen masyarakat menggunakan. Kami imbau terus menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk menunda kegiatan yang mengumpulkan massa dalan jumlah banyak.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Paser telah menerapkan sistem Work From Home atau kerja dari rumah bagi Aparatur Sipil Negara sejak 13 hingga 26 Agustus 2020.

Terkait kebijakan itu, Amir belum dapat memastikan apakah kerja dari rumah bagi ASN akan diperpanjang.

“Untuk itu, perlu rapat koordinasi lebih lanjut dengan melihat perkembangan kasus,” ucapnya. (ADV/MC Kominfo Paser)