Dinkes Paser Pastikan Tempatkan Tenaga Kesehatan di Pelosok Mului

PASER, Gerbangkaltim.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan pihaknya akan memprioritaskan penempatan tenaga kesehatan (nakes) di Dusun Mului, sebuah kampung atau dusun terpencil di Desa Swan Slutung Kecamatan Muara Komam.

“Kita akan prioritaskan penempatan tenaga Kesehatan di sana,” ujar Amir, Senin (31/08/2020).

Amir mengatakan, sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya telah meresmikan pembangunan rumah singgan di Dusun Mului, yang diperuntukkan tenaga kesehatan dan pengajar.

Perlu diketahui bahwa jarak Dusun Mului dengan Kantor Kecamatan Muara Komam sekitar 90 kilometer.

“Kami apresiasi yang sangat tinggi kepada Desa Swan Slutung yang telah membangun rumah singgah,” ujar Amir.
Dinkes Paser meminta Kepala Desa Swan Slutung membuat usulan permohonan penempatan tenaga Kesehatan, melalui Puskesmas Muara Komam.

“Kita akan dapatkan dulu usulan kekurangan tenaga. Nanti lewat Puskesmas, diusulkan dan disampaikan ke Dinkes,” kata Amir.

Dinkes Paser kata Amir tidak bisa memastikan, penempatan nakes dilakukan tahun ini.

“Nanti kita lihat dari anggaran yang ada. Saya belum bisa pastikan. Paling tidak di tahun depan dan ini menjadi prioritas yang harus kita penuhi,” kata Amir.

Menurut Amir, Dinkes Paser sudah menempatkan Puskesmas Pembantu (Pusban) tersebar di 139 desa. Namun karena berhubung jarak Dusun Mului dengan desa induk yaitu Desa Swan Slutung cukup jauh, diperlukan tenaga Kesehatan yang bertugas di sana.

“Seingat saya, di desa induknya, di Desa Swan Slutung, Pusban itu sudah ada. Namun ini karena jaraknya cukup jauh dengan kantor desa,” ujar Amir.

Amir menegaskan akan memfokuskan perhatian kepada pelayanan kesehatan di Dusun Mului.

“Ini menjadi konsentrasi dan perhatian kita karena kita harus menjamin pelayanan kesehatan terpencil bisa lebih baik,” tutup Amir. (ADV/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *