PASER, Gerbangkaltim.com – Sebanyak lima (5) pemuda di Kabupaten Paser mengikuti seleksi jambore pemuda tingat Provinsi Kaltim tahun 2020 di Pendopo Kabupaten Paser, Kamis (03/092020).

Seleksi dilakukan langsung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur, dan dihadiri oleh Plt Dispora Provinsi Kaltim H Muhammad Syirajudin.

Pembukaan seleksi ini dihadiri Staf Ahli Bupati Paser Bidang Ekonomi I Dewa Made Sudarsana, Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kaltim H Elto dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Yusuf Sumako.

Plt Dispora Provinsi Kaltim H Muhammad Syirajudin mengatakan sebelumnya, Dispora Kaltim merencanakan seleksi Jambore di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“Seleksi dibatalkan karena tidak memungkinkan dilaksanakan dengan cara mengumpulkan banyak orang yang mengacu pada protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa program jamboree pemuda daerah tahun ini sebagai wahana untuk mempertemukan para pemuda yang terpilih dari seluruh kabupaten/kota Kaltim.

Melalui kegiatan Jambore, Syirajudin meminta para pemuda untuk dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran cinta tanah air, dan memahami keanekaragaman seni budaya.

“Selain itu juga agar dapat memupuk rasa kesatuan dan persatuan bangsa dan meningkatkan keterampilan kreatifitas pemuda menuju kemandirian,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Staf Ahli Bupati Paser Bidang Ekonomi I Dewa Made Sudarsana berpesan kepada Disporapar Paser agar bisa lebih intensif dalam mencari menggali pontensi-potensi lokal yang ada di Kabupaten Paser.

“Kita telah membuktikan bahwa selama ini pemuda maupun pemudi di Paser memiliki daya saing yang tinggi. Makanya, gali potensi pemuda dan pemudi kita,” jelas I Dewa.

Sementara, Kepala Disporapar Paser Yusuf Sumako mengatakan kelima pemuda yang mengikuti jambore itu, telah melalui tahap seleksi.

“Mereka telah terpilih yang mewakili Kabupaten Paser untuk mengikuti seleksi ke tingkat Provinsi Kaltim,” kata Sumako.

Sumako mengatakan, peserta jambore tingkat Kaltim nantinya akan mewakili daerah pada kegiatan jambore pemuda tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Sulawesi Tenggara akhir tahun ini. (ADV/MC Kominfo Paser)