Dua Bakal Calon Bupati Paser Serahkan Berkas ke KPU

PASER, Gerbangkaltim.com – Dua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Paser, Fahmi Fadli – Masyitah dan Tony – Fathurrahman, menyerahkan berkas persyaratan pencalonan untuk ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Jumat (04/09/2020).

Ketua KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid mengatakan pihaknya telah memverifikasi berkas persyaratan pencalonan kedua pasangan tersebut.

“Berkas sudah diverifikasi dan sudah kami terima,” kata Qayyim.

Verifikasi berkas kedua pasangan tersebut dilakukan secara daring dan terkoneksi oleh jaringan database KPU pusat.

Qayyim menjelaskan dalam kegiatan verifikasi berkas yang memakan waktu dua jam ini, dokumen-dokumen yang dimiliki pasangan calon harus lengkap.

“Berkas syarat harus lengkap dan sah seperti dokumen dukungan partai seperti tandatangan pengurus, susunan pengurus, dan sebagainya,” ucap Qayyim.

KPU Paser kata Qayyim membuka pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Paser sejak 4 hingga 6 September 2020. Untuk hari pertama, 4 September 2020, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 Wita.

“Untuk hari terakhir, tanggal 6 September 2020, pendaftaran kami buka hingga pukul 24.00 WITA,” ujar Qayyim.

Qyyim menjelaskan setelah tahapan penyeraha berkas pencalonan atau pendaftaran, bakal calon Bupati Paser ini akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Kanujoso Balikpapan.

Selanjutnya, KPU akan melaksanakan rapat pleno penetapan bakal Calon pada 23 September mendatang.

“Untuk pemeriksaan Kesehatan kami sudah koordinasi dengan Kanujoso. Jadwalnya yang menentukan Rumah Sakit. Setelah ini kami verifikasi berkas dan tanggal 23 rapat pleno penetapan bakal calon,” ucap Qayyim.

Sementara bakal calon Bupati Paser Fahmi Fadli mengaku bersyukur berkas percalonannya telah diterima KPU. Selanjutnya ia akan melalui tahapan pemeriksaan Kesehatan sebelum ditetapkan menjadi Calon Bupati Paser.

“Ahamdulilah berkas pencalonan kami lengkap. Selanjutnya pemeriksaan kesehatan dan kami akan persiapan untuk sosialisasi ke masyarakat,” ujar Fahmi.

Senada, bakal calon Bupati Paser H Tony juga bersyukur berkas pencalonannya telah diterima KPU.

“Alhamulilah kita dinyatakan memenuhi syarat. Kita ikuti tahapan selanjutnya yaitu pemeriksaan kesehatan,” ucap Tony. (Gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *