30 Guru di Paser Ikuti Pelatihan Konvensi Hak Anak

PASER, Gerbangkaltim.com – Sebanyak 30 guru dari berbagai sekolah dasar di Kabupaten Paser mengikuti pelatihan konvensi pemenuhan hak anak di Pendopo Kabupaten, Kamis (10/09/2020).

“Ada 30 tenaga pendidik yang mengikuti pelatihan hari ini,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Paser Hadijah.

Hadijah mengatakan puluhan guru itu berasal dari sejumla sekolah di tiga kecamatan yakni Kecamatan Tanah Grogot, Paser Belengkong, dan Kuaro.

Lanjut dia, pelatihan itu penting bagi guru karena profesi guru bersentuhan langsung dengan anak atau peserta didik.

“Tenaga ddidik alam proses pembelajaran pekerjaannya harus memerhatikan konvensi hak anak,” ujarnya.

Knvensi hak anak, atau kesepakatan pemenuhan hak-hak anak harus dipahami oleh tenaga pendidik dalam menjalankan tugasnya.

“Tujuan pelatihan ini memberikan panduan kepada penyelenggra institusi pendidikan dalam mewujudkan sekolah ramah anak,” kata Hadijah.

Ia menambahkan, pemenuhan hak anak oleh tenaga pendidik nantinya akan berdampak pada proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

“Kami memberikan panduan untuk mewujdukan sekolah ramah anak dan Gerakan Nasional Anti Kekerasan Seksual terhadap Anak,” kata Hadijah.

Selain itu tutur Hadijah pelatihan ini juga untuk memberikan pemahaman tentang pembentukan dan pengembangan sekolah ramah anak.

“Ini sebagai acuan langkah-langkah pembentukan sekolah ramah anak kedepannya,” tutupnya. (ADV/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *