BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Partai Nasdem yang gagal  mengusung pasangan Ahmad Basir – Ida Pahastuty maju dalam pilkada Balikpapan menyatakan tekadnya untuk tetap mensukseskan pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

“Meski gagal jadi kontestan, namun kami tetap akan bertekad mensukseskan pilkada, dan meminta pendukung dan simpatisan untuk datang ke tps tanggal 9 Desember 2020 mendatang, karena ada pilihannya,” ujar Ketua DPD Partai Nasdem Rizal Effendi dalam konprensi perss nasdem di Balikpapan, Selasa (15/9/20) lalu.

Rizal mengatakan, awalnya Partai Nasdem dengan koalisi partainya yang duduk di perlemen yakni Hanura, PPP, Perindo dan PKB optimis mengusung Ahmad Basir sebagai pasangan bakal calon  Walikota Balikpapan, bisa maju dan turut serta memeriahkan pesta demokrasi balikpapan. Namun ditengah perjalanan partai PPP, Perindo dan PKB menarik dukungan dan beralih mendukung pasangan bakal calon lain.

“Awalnya dengan 5 parpol pendukung kita mendapatkan 10 kursi, namun setelah 3 partai mundur, akhirnya saat ini hanya tinggal Nasdem dan Hanura dengan 5 kursi dan ini tidak mencukupi karena persyaratan kpu harus minimal 9 kursi,” ujar Rizal.

Namun meski gagal, kata Rizal, Nasdem dan Hanura tetap bertekad untuk mensukseskan pilkada Balikpapan dengan meminta pendukung dan simpatisannya tetap datang ke tps untuk menggunakan hal pilihnya karena tetap ada pilihan dalam pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Meski gagal jadi kontestan, Partai Nasdem dan Hanura akan membentuk tim untuk mengawasi pelaksanaan pilkada, terutama untuk mengawasi kinerja penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu Kota Balikpapan.

“Untuk memastikan pelaksanaan demokrasi berjalan dengan baik, maka kami koalisi partai yang tersisa akan membentuk tim untuk mengawasi kinerja penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu Kota Balikpapan,” ujarnya.

Rizal juga menambahkan, keadaan yang terjadi di partai nasdem Balikpapan ini juga akan di laporkan ke DPW Kaltim dan DPP Partai Nasdem.

Sementara itu bakal calon walikota Balikpapan yang gagal maju sebagai kontestan pilkada Balikpapan Ahmad Basir mengatakan, gagal maju sebagai calon kontestan pilkada Balikpapan bukan untuk menyurutkan perjuangannya untuk membangun kota Balikpapan lebih baik.

“Saat ini Balikpapan masih bergelut dengan pandemi COVID-19, untuk itu arah perjuanganya kami akan berubah yakni membantu pemerintah dalam mengurangi kasus yang terjadi,” tegasnya. (mh/gk)