PASER, Gerbangkaltim.com- Dua puskesmas di Kabupaten Paser puskesmas Pasir Belengkong dan Puskesmas Padang Pangrapat menutup sementara pelayanan karena terdapat dokter dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Mulai Senin pelayanan di puskesmas Pasir Belengkong dan Padang Pangrapat tutup sementara karena ada dokter positif Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Paser Amir Faisol, Sabtu (19/09/2020).

Amir mengatakan terdapat tiga dokter di kedua puskesmas tersebut yang telah dinyatakan positif Covid-19.

“Dua dokter dari puskesmas Pasir Belengkong dan satu dari puskesmas Padang Pangrapat,” ujar Amir.

Ketiganya kata Amir merupakan dokter internship atau dokter magang dan saat ini mereka sedang menjalani perawatan di RSUD Panglima Sebaya.

“Ketiga dokter itu adalah pasien simtomatik atau pasien dengan gejala Covid-19. Sekarang sudah dirawat di RSUD,” ucap Amir.

Amir mengatakan pelayanan di dua puskesmas itu untuk sementara dialihkan ke puskesmas terdekat.

Untuk puskesmas Pasir Belengkong pelayanannya dialihkan ke puskesmas Suliliran dan Suatang Baru.

Sedangkan pelayanan di puskesmas Padang Pangrapat dialihkan ke puskesmas Senaken.

Dinkes Paser kata Amir akan melakukan uji sweb terhadap 30 tenaga medis di puskesmas Pasir Belengkong dan 40 tenaga medis di puskesmas Padang Pangrapat.

“Rencana besok, Minggu kita uji sweb petugas,” ujar Amir

Sebelum kedua puskesmas ini tutup, satu puskesmas lain yakni puskesmas Tanah Grogot telah menghentikan pelayanan karena sebab yang sama.

“Kami berharap hasil sweb 70 tenaga medis puskesmas Tanah Grogot segera keluar. Sehingga dari hasilnya bisa diketahui dan pelayanan di puskesmas tersebut bisa kembali dibuka,” ujar Amir. (Jya)