Pemuda di Paser Gelar Diskusi Songsong Pilkada Serentak

PASER, Gerbangkaltim.com – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), pemuda di Kabupaten Paser yang tergabung dalam Komunitas Moderasi Channel menggelar diskusi publik bertemakan ‘Merayakan Demokrasi; Menuju Masyarakat yang Berdaulat’, Jumat (18/09/2020).

Dua pemateri dalam diskusi ini yakni Immawan Hamdani, anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan Muhammad Iqbal aggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia cabang Paser.

Immawan Hamdani mengatakan dalam pelaksanaan pilkada, setiap elemen masyarakat harus memahami makna demokrasi secara benar.

“Masyarakat harus menghindari setiap hal-hal yang bertentangan dengan prinsip demokrasi,” ujar Immawan.

Senada, Muhammad Iqbal mengatakan masyarakat harus berani melawan hal-hal yang dapat merusak demokrasi seperti money politik atau politik uang dan mampu menepis isu Suku Ras dan Agama (SARA) yang bisa menggangu jalannya Pilkada.

“Praktik-praktik menyimpang dalam demokrasi seperti money politik dan isu SARA harus menjadi lawan bersama masyarakat,” ujarnya.

Ketua Moderasi Chanel Muhammad Saleh yang sekaligus bertindak sebagai moderator dalam diskusi publik tersebut menyampaikan, diskusi ini bagian dari pendidikan politik bagi pemuda.

“Ini adalah bagian dari pendidikan politik, pemuda harus berperan dalam demokrasi dengan cara apapun, salah satunya dengan kegiatan ini”, katanya.

Diskusi ini ditutup dengan pembacaan deklarasi yang ditandatangani oleh berbagai elemen pemuda dalam sebuah wadah Aiansi Pemuda Peduli Demokrasi Kabupaten Paser.

Deklarasi ini berisi 3 poin, diantaranya menciptakan demokrasi yang sehat, bebas dari money politik, menciptakan demokrasi yang kondusif, aman dari isu SARA, dan mbangun kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bertanggung jawab. (Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *