Meraih Mimpi Menuju Madrasah Istiqamah Yang Lebih Baik

Oleh : Muhammad Solihin, LD *

“Tuntutlah ilmu sampai negeri Cina”. Pribahasa ini menjadi motivasi sendiri bagi Madrasah Istiqamah untuk berlari mengejar ketertinggalan selama ini.

Madrasah Istiqamah berada di bawah naungan Yayasan Istiqamah Long Ikis. Berada di Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser Kalimantan Timur, madrasah ini menyelenggarakan pendidikan formal (akademik) berbasis pendidikan agama Islam yang notabene merupakan lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama Kabupaten Paser.

Ada dua jenjang pendidikan yang diselenggarakan madrasah Istiqamah Long Ikis, antara lain pendidikan jenjang madrasah Tsanawiyah dan madrasah aliyah.

Madrasah ini merupakan  tempatpendidikan tertua di wilayah long ikis,  berdiri sejak era tahun 80 an. Letaknya sangat strategis. Berada di jantung pusat pemerintahan kecamatan Long ikis dan madrasah ini memiliki asset tanah yang sangat luas. Harusnya itu menjadi kekuatan (strength) madrasah tersebut.

Namun ironisnya, kondisi madrasah sangat memperihatinkan. Ibarat pribahasa, hidup segan mati pun tak mau. Bangunan tak terurus, jumlah peserta didik yang semakin merosot, anggaran operasional selalu minus dan bahkan image negative dari masyarakat yang membuat citra madrasah ini semakin hancur lantaran dianggap tempat pendidikan kelas dua.

Februari 2020, Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser atas permintaan pembina yayasan Istiqamah Long Ikis mengutus guru terbaiknya untuk menahkodai madrsah tersebut sebagai kepala madrasah. Beliaua dalah bapak Muhammad Solihin,S,Pd.

Satu hal permohonan kang lihin (sapaanbeliau), “jika saya diberi kepercayaan sebagai “leader” di madrasah tersebut. Makaberikan saya kepercayaan penuh untuk merevolusi dan mereformasi dari hulu kehilir probelematika madrsah ini tanpa harus diintervensi mendalam”.

Gebrakanpertama yang dilakukan kang Lihin adalah, melakukan reformasi kepengurusan yayasan yang selama ini mati suri. Maka strategi yang dilakukannya dengan cara menjalin “silaturahmi” dan “Komunikasi” kesemua lini.

Di awal  beliau menjabat sebagai kepala madrasah,  yang dilakukan beliau adalah memohon kepada bapak Pembina yayasan untuk melakukan regenerasi struktur kepengurusan yayasan. Maka terbentuklah personil yayasan baru. Sebagai Pembinayayasan Bapak H. Abdul Mu’in, D dan   KetuaYayasan Bapak Hamransyah, SH merupakan salah satu anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Paser dari dapil Long Ikis.

Berlari tanpa batas untuk mengejar mimpi, Kalimat itulah yang membawa kang Lihin ingin sekali berlari sekencang mungkin untuk mengejar ketertinggalan madrasah istiqamah selama ini. Beberapa terobosan telah dilakukannya, salah satunya terobosan terbarunnya adalah bersinergi dengan madrsah terbaik di kabupaten Paser, yaitu MAN Insan Cendekia Kabupaten Paser.

Gayung pun bersambut, Kepala MAN IC Paser, bapak Khoiru Anam, M.Pd.I menyambut baik permohonan kerjasama anatara madrasah Istiqamah Long Ikis dengan MAN IC Paser. Kegiatan kerjasama tersebut akan  dituangkan dalam suatu MoU.

“MAN IC Paser dengan tangan terbuka, akan membantu madrasah yang ingin bekerjasama dengan lembaga kami. Karena hal itu merupakan salah satu bentuk tanggungjawab moril kami sebagai madrasah terbaik saatini” tutur kepala madrasah bapak KhoirulAnam.

Pelaksanaan kegiatan kunjungan study collaboratuion berjalan dengan penuh keharmonisan dan kekeluargaan. Kepala madrasah MAN IC Paser beserta seluruh jajaran wakilnya menyambut dengan ramah. Dalam sesi tersebut bapak Khoiru Anam memberikan pemaparan yang sangat membuka wawasan berpikir para guru madrasah Istiqamah Long Ikis dan pemaparan beliau menggugah semangat untuk menjadi pejuang tangguh yang militant dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada umat.

Di akhir sesi silaturahmi kedua lembaga pendidikan tersebut, bersepak akan membuat MoU pelaksanaan program pendidikan pengembangan madrasah. Kegiatan tersebut disaksikan oleh bapak Hamransyah, SH selaku ketuayayasan Istiqamah Long Ikis.

*Guru Madrasah Istiqamah Long Ikis Kabupaten Paser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *