SAMARINDA, Gerbangkaltim.com – Suasana Ballroom Hotel Midtown, di Jalan AM Sangaji Samarinda begitu berbeda. Sebab, 10 Ketua DPD Partai Berkarya Se-Kaltim nampak bersemangat dan bersiap diri untuk dikukuhkan menjadi petugas Partai Berkarya yang siap berjuang, dibawah komando lamgsung Hutomo Mandala Putra, selalu Ketua Umum DPP Partai Berkarya.

Ketua DPW Partai Berkarya Kaltim, Sumaria Daeng Toba, sebagai satu-satunya perempuan dari 34 Ketua DPW Partai Berkarya se-Indonesia tampil tegar melantik 10 Ketua DPD Partai Berkarya yang baru, setalah diterpa isu mundurnya sejumlah kader partai berwarna kuning oranye itu.

Ditemui disela konfrensi pers, Sumaria berharap kader-kader barunya yang memiliki latar belakang pengusaha ini, bisa mandiri membesarkan partai. Bahkan kesetiaannya kepada Ketua umum, Hutomo Mandala Putra juga menjadi atensinya, bagi perpanjangan tangan Partai Berkarya di daerah.

“Saya minta kader-kader baru saya ini bisa mandiri membesarkan Berkarya. Yang terpenting adalah kesetiaannya pada Ketua Umum, agar Partai Berkarya ini bisa besar bersama-sama,” kata Sumaria.

Diketahui, bahwa nahkoda DPW Partai Berkarya Kaltim sejak ditinggal oleh Andi Burhanuddin Solong (ABS), langsung dipegang oleh Sumaria Daeng Toba, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua.

Namun mendapat perintah langsung dari Ketua Umum, untuk menggantikan posisi ABS, Sumaria dengan sigap memegang tongkat komando Berkarya Kaltim.

Diterpa isu mundur sejumlah kader di DPW Berkarya, tak melemahkan langkah Sumaria. “Sampai detik ini, ada kader DPW yang tidak bisa dihubungi. Saya berpositif thinking saja dulu. Tapi jika kedapatan menyeleweng ke Partai lain, akan saya pecat!,” tegasnya.

Menurut Sumaria, bahwa agenda pengukuhan 10 Ketua DPD Partai Berkarya se-Kaltim ini, merupakan bagian dari melanjutkan sejumlah program-program Partai ke masyarakat yang sudah berjalan. Sehingga, jika tidak ada halangan dalam waktu dekat pelantikan secara resmi bakal dilakukannya.  (yul)