BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Rapat Pleno  dalam tahapan Pilkada 2020 dengan tahapan Pengundian dan Penetapan Nomor Urut pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah secara serentak digelar di 9 kabupaten/kota di Kaltim telah berlangsung Kamis (24/9/2020).

Agenda penting KPU ini dihadiri masing-masing pasangan calon beserta pendukungnya, kecuali calon Walikota Adi Darma dari Bontang yang menjalani perawatan di RS Bontang karena Covid-19, dan almarhum Muharam calon Bupati dari Berau yang meningga juga karena Covid-19 beberapa hari lalu.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs  Herry Rudolf Nahak M.Si memberikan aparesiasi kepada seluruh pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah beserta pendukungnya, yang telah menjaga situasi kondusif dan telah menjaga protocol kesehatan dalam Rapat Pleno serentak di 9 kota dan kabupaten di wilayah Kaltim, Kamis (9/24/2020).

Rapat Pleno KPU yang berangsung terbuka dengan agenda Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah dalam Pilkada Serentak tahun 2020. Dalam pilkada ini, ada sembilan daerah kabupaten/kota yang akan melaksanakan, tiga kota yakni Samarinda, Balikpapan, dan Bontang, serta 6 Kabupaten yakni Berau, Kukar, Kutim, Paser, Kubar, dan Mahulu.

“Terima kasih sudah mematuhi maklumat Kapolri yaitu tidak melakukan pengerahan massa pada saat pengundian nomor urut paslon dalam pilkada serentak 2020 ini. Kami juga berterimakasih kepada seluruh paslon atas situasi yang kondusif, berjalan dengan aman, lancar dan sesuai protocol kesehatan,” kata Kapolda Kaltim seperti dilansir Poldakaltim.com Kamis (24/9/2020).

MAKLUMAT KAPOLRI TENTANG PILKADA

Seperti diketahui, telah dikeluarkan Maklumat Kapolri nomor MAK/3/IX 2020 tanggal 21 September 2020 tentang Protokol Kesehatan Dalam Pemilihan 2020. Maklumat ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan kepada penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih, dan seluruh pihak yang terkait dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 pada adaptasi kebiasaan baru.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengeluarkan maklumat sebagai berikut:

a. Dalam pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020, tetap mengutamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi kebijakan dan peraturan pemerintah terkait penanganan, pencegahan, serta protokol kesehatan COVID-19.

b. Penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih dan seluruh pihak yang terkait pada setiap tahapan pemilihan wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan memakal masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

c. Pengerahan massa pada setiap tahapan pemilihan tidak melebihi batasan jumlah massa yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilihan.

d. Setelah selesai melaksanakan setiap kegiatan tahapan pemilihan, semua pihak yang terlibat dan masyarakat agar segera membubarkan diri dengan tertib tanpa arak-arakan, konvoi atau sejenisnya.

“Tetap jaga situasi kondusif ini, dan patuhi protocol kesehatan,” harap Kapolda yang terus memantau pelaksanaan Tahapan Pilkada.

Berikut Pengambilan Nomor Urut Resmi Pasangan Calon di 9 Kota dan Kabupaten

KOTA SAMARINDA

Pada hari Kamis tanggal 24 September 2020 pukul 09.00 Wita bertempat di Hotel Harris Jl. Slamet Riyadi Samarinda telah dilaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut paslon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda.

Peserta yang hadir terdiri dari: KPU Kota Samarinda 5 orang, Bawaslu Kota Samarinda 5 orang,  Paslon AH-Rusmadi 5 orang (Paslon 2, LO 1, Tim Pemenangan 2), Paslon Barkati-Darlis 5 orang (Paslon 2, LO 1, Tim Pemenangan 2), Paslon Zairin-Sarwono 5 orang (Paslon 2, LO 1, Tim pemenangan 2), Forkopimda 5 orang.

Adapun hasil pengundian Nomor Urut Paslon sebagai berikut :

1. Paslon Barkati – Darlis (NOMOR URUT 1)

2. Paslon Andi Harun – Rusmadi (NOMOR URUT 2)

3. Paslon Zairin – Sarwono (NOMOR URUT 3)

KOTA BALIKPAPAN

Pada hari Kamis tanggal 24 September 2020 pukul 10.00 Wita, bertempat di KPU Kota Balikpapan telah dilaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut paslon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan dengan rincian yang hadir sebagai berikut: KPU 5 orang, Bawaslu  5 Orang, Paslon 4 orang (beserta Istri), LO Paslon 2 Orang, Tim Pemenangan 1 Orang

Adapun hasil pengundian Nomor Urut Paslon sebagai berikut :

Paslon Rahmad Mas’ud – Thohari Aziz (KOLOM KANAN)

KOTA BONTANG

Pada hari Kamis tanggal 24 September 2020 pukul 09.00 Wita, bertempat di KPU Kota Bontang telah dilaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut paslon Walikota dan Wakil Walikota Bontang dengan rincian yang hadir sbb :

a. KPU 6 orang

b. Bawaslu 2 orang

c. Forkominda 3 orang

d. Paslon dan Pendamping (Total 8 orang)

e. LO 2 orang

f. Timses 4 orang

g. Gugus tugas Covid 1 orang

h. Media massa 2 orang

Adapun hasil pengundian Nomor Urut Paslon sebagai berikut :

1. Paslon Ir. H. Adi Darma – Basri Rase (NOMOR URUT 1)

2. Paslon Neni Moerniaeni – Joni (NOMOR URUT 2)

Untuk pelaksanaan rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut paslon  Ir. H. Adi Darma – Basri Rase, dikarenakan Calon Walikota Ir. H. Adi Darma terkonfirmasi Positif Covid-19 dan dirawat di RSUD Taman Husada Kota Bontang, maka dalam pelaksanaannya diwakilkan oleh Calon Wakil Walikota Sdr. Basri Rase.

KAB. KUKAR

Pada hari Kamis tanggal 24 September 2020 pukul 09.00 Wita, bertempat di Hotel Grand Fatma Kabupaten  Kukar telah dilaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kukar dengan rincian yang hadir sebagai berikut :

a. KPU 5 orang

b. Bawaslu 5 orang

c. Paslon 2 orang

d. Tim pemenangan 2 orang

e. LO 1  orang

f. Forkominda 5 orang

Adapun hasil pengundian Nomor Urut Paslon sebagai berikut :

Paslon Edi Damansyah – Rendi Solihin (KOLOM KIRI)

KABUPATEN KUTAI TIMUR

Pada hari Kamis tanggal 24 September 2020 pukul 08.00 Wita, bertempat di KPU Kab. Kutim telah dilaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Kutim dengan rincian yang hadir sebagai berikut :

a. Komisioner KPU Kab. Kutm 5 orang.

b. Bawaslu Kab. Kutim 2 orang.

c. Sekertaris KPU Kab. Kutim 1 orang.

d. Kapolres Kutai Timur 1 orang.

e. Dandim 0909 Kutim 1 orang.

f. Danlanal Kab. Kutim 1 orang.

g. Ketua Kajati Kab. Kutim 1 orang.

h. Ketua Kajari Kab. Kutim 1 orang.

i. Pasbalon H. Mahyunadi – Lulu 2 orang.

j. Pasbalon H. Ardyansyah – Kasmidi 2 orang.

k. Pasbalon Awang Ferdi – Uce 2 orang.

l. Lo Pasangan Calon 3 orang.

m. Tim Kampanye Pasbalon 6 orang.

n. Pembaca Doa 2 orang.

Adapun hasil pengundian Nomor Urut Paslon sebagai berikut :

1. Paslon Mahyunadi – Lulu Kinsu (NOMOR URUT 1)

2. Paslon Awang Ferdian – Uce Prasetyo (NOMOR URUT 2)

3. Paslon Ardiansyah – Kasmidi Bulang (NOMOR URUT 3)

KABUPATEN BERAU

Pada hari Kamis tanggal 24 September 2020 pukul 09.00 Wita, bertempat di Hotel Ekslusif Kab. Berau telah dilaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Berau dengan rincian yang hadir sebagai berikut:

a. Komisioner KPU 5 orang

b. Komisioner Bawaslu 3 orang

c. Paslon 2 orang

d. LO paslon 1 orang

e. Perwakilan partai Pengusung 2 orang

f. Forkominda 5 orang

g. Tokoh Agama 6 orang

h. Tokoh Masyarakat 5 orang

i. Tokoh Pemuda 4 orang

Adapun hasil pengundian Nomor Urut Paslon sebagai berikut :

1. Paslon Seri Marawiyah – Agus Tantomo (NOMOR URUT 1)

2. Paslon Alm. Muharam – Gamalis (NOMOR URUT 2)

Untuk pelaksanaan rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut paslon  Alm. H. Muharram S.Pd, MM – H. Gamalis, dikarenakan Calon Bupati Kab. Berau Alm. H. Muharram S.Pd, MM meninggal dunia, maka dalam pelaksanaannya diwakilkan oleh Calon Wakil Bupati. Sedangkan untuk pengganti Alm. H. Muharram, S.Pd, MM  masih menunggu keputusan dari koalisi partai pengusung (Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional).

KABUPATEN  KUBAR

Pada hari Kamis tanggal 24 September 2020 pukul 10.00 Wita, bertempat di KPU Kab. Kubar telah dilaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Kubar dengan rincian yang hadir sebagai berikut:

a. Pasangan Calon (Total 4 orang)

b. LO  2 orang (Total 4 orang)

c. Parpol pengusung 10 orang

d. Bawaslu 3 orang

e. Forkominda 6 orang

Adapun hasil pengundian Nomor Urut Paslon sebagai berikut :

1. Paslon Martinus – Abdul Aziz (NOMOR URUT 1)

2. Paslon FX. Yapan – Edyanto Arkan (NOMOR URUT 2)

KABUPATEN MAHULU

Pada hari Kamis tanggal 24 September 2020 pukul 09.00 Wita, bertempat di Balai Adat Kampung Ujoh Bilang Kab. Mahulu telah dilaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Mahulu dengan rincian yang hadir sebagai berikut:

a. Komisioner KPU dan Sekretaris KPU 6 orang.

b. Pasangan Calon 2 Pasangan Calon (Total 4 orang).

c. Tim Pemenangan 2 Orang (Total 4 Orang).

d. LO 1  orang (Total 2 Orang).

e. Bawaslu Kabupaten 2 orang.

Adapun hasil pengundian Nomor Urut Paslon sebagai berikut :

1. Paslon Juan Jenau – Indra Jaya (NOMOR URUT 1)

2. Paslon Bonifasius – Yohanes Avun (NOMOR URUT 2)

KABUPATEN PASER

Pada hari Kamis tanggal 24 September 2020 pukul 09.00 Wita, bertempat di Gedung Awa Mangkuruku Kab. Paser telah dilaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Paser dengan rincian yang hadir sebagai berikut:

a. Komisioner KPU 5 orang

b. Operator KPU 3 orang

c. Paslon 4 Pasangan (Total 8 orang)

d. Perwakilan Tim Pemenangan 2 orang (total 8 orang)

e. LO Paslon 1 orang (total 4 orang)

f. Bawaslu 1 orang

g. Forkominda 5 Orang

Adapun hasil pengundian Nomor Urut Paslon sebagai berikut :

1. Paslon Tony Budi – Fathur (NOMOR URUT 1)

2. Paslon Alphad Syarif – Arbain Noor (NOMOR URUT 2)

3. Paslon Fahmi Fadli – Syarifah Masitah (NOMOR URUT 3)

4. Paslon Sulaiman – Ikhwan (NOMOR URUT 4)

Sumber: HUMAS POLDA KALTIM