Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Usai menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Rupatama Polresta Balikpapan, Polda Kaltim, Kasat Binmas Polresta Balikpapan AKP Achnanto bersama dengan Ketua Forum Kerukunan Paguyuban Balikpapan (FKPB) dan perwakilan paguyuban serta beberapa Organisasi Kepemudaan (OKP) menggelar pembagian masker dan snack.

Kegiatan pembagian masker dan snack ini dipusatkan di Simpang Plaza Balikpapan yang sebelumnya rombongan dan FKBP dan beberapa OKP dilepas langsung oleh Kasat Binmas Polresta Balikpapan Pasiter Kodim 0905/Balikpapan di halaman Mapolresta.

“Ya, selesai kegiata FGD kami langsung menuju ke Simpang Plaza Balikpapan untuk membagikan masker dan snack kepada pengguna jalan,” jelas Kapolresta Balikpapan KBP Turmudi melalui Kasat Binmas Polresta Balikpapan AKP Eko Achnanto.

AKP Eko menambahkan bahwa pembagian masker ini merupakan bentuk kepedulian TNI, Polri dan FKPB serta OKP yang ada di Balikpapan terhadap kesehatan dan keselamatan warga ditengah Pendemi Covid-19.

Ada yang unik dalam kegiatan pembagian masker ini, yakni dengan menggunakan pakai adat/daerah masing-masing paguyuban, mereka turun langsung ke jalan membagikan masker dan snack kepada pengguna jalan yang melintas di kawasan simpang Plaza Balikpapan.

Dilokasi yang sama, Ketua FKPB Leo Sukoco mengatakan bahwa kegiatan ini sudah digelar yang ke-enam kalinya. ”Persiapan hanya 2 pekan terkumpul 3.000 masker dan 2.250 snack. Kita bagikan ke masyarakat pengguna jalan. Ayoo kita kampanyekan Balikpapan Bermasker, ” ujarnya.

Dia menyebutkan kegiatan kolaborasi ini untuk lebih memberikan penyadaran dan pemahaman pentingnya penerapan protokol kesehatan seperti bermasker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

”Jangan anggap enteng covid ini. Kasus di Balikpapan masih tinggi. Sekarang kita harus bersama-sama menurunkan. Hanya kita dengan kebersamaan ini yang bisa melakukan, ” imbuhnya.

Dalam kegiatan pembagian masker ini, diikuti sekitar 63 paguyuban dengan perwakilan masing-masing paguyuban 3 orang. “Karena kita batasi untuk jaga jarak jangan sampai kita berkumpul, ” pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Perwira Staf Teritorial (Pasiter ) Kodim 0905/Balikpapan, Mayor Eddison mengatakan dari hasil razia dan penertiban serta pemantauan di lapangan, masyarakat Balikpapan sudah cukup baik menerapkan penggunaan masker.

”Kami sore ini bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat untuk hidup dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan,“ ujarnya.

Dia berharap melalui kegiatan kolaborasi dapat memutuskan mata rantai penularannya covid 19,

Selain Polwan Polresta Balikpapan, sejumlah anggota Korp Wanita Angkatan Darat (Kowad) juga turun bersama membawa tulisan wajib mengenakan masker, jaga jarak dan cuci tangan. Selain itu juga turut membagikan masker dan snack kepada pengguna jalan.

Sumber : Humas Polda Kaltim