PKK Paser Diminta Turut Ciptakan Keluarga Tangguh

PASER, Gerbangkaltim.com – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Paser. diminta untuk turut menciptakan sebuah keluarga tangguh dan keluarga berencana yang sejahtera. Tuntutan itu mengemuka saat PKK Paser mengikuti puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48 tingkat nasional tahun 2020 secara daring di gedung PKK, Rabu (30/09/2020).

Sekretaris PKK Paser Noorlyna Zamzam mengatakan pada peringatan HKG PKK ke-48, setiap PKK di daerah diminta untuk mengevaluasi program pemberdayaan perempuan dan anak.

“Tujuan kegiatan untuk mengevaluasi semua kegiatan PKK yang dilaksanakan khususnya berdasarkan pada keluarga berencana, termasuk  gerakan kesehatan, pemeliharaan anak, dan kesetaraan gender,” katanya.

Kegiatan yang mengusung tema Peringatan Kesatuan Gerak PKK, bangga kecana atau bangga menjadi keluarga berencana, diikuti lebih kurang 300 kader PKK di Kalimantan Timur.

Noorlyna Zamzam Noor meminta kepada kader PKK untuk menyadari tugas dan tanggung jawabnya dalam hal pembinaan keluarga dan perempuan.

Ia menambahkan, semua kader PKK harus mampu merencanakan program Keluarga Berencana bagi pasangan suami istri, terutama mereka yang baru menikah.

“Untuk mengantisipasi masalah terutama pada ibu hamil, menyusui dan pasangan keluarga baru dalam  merencanakan program KB ke depan,” ucap Noorlyna.

Pembicara pada kegiatan peringatan HKG PKK ke-48 ini, Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Kaltim Fathul Halim dalam sambutan Gubernur mengatakan kader PKK harus mampu mengimplementasikan 10 program pokok PKK.

Kesepuluh program PKK tersebut diantaranya berkaitan dengan pangan, sandang, pendidikan dan keterampilan, perencanaan sehat, dan perumahan, serta tata laksana rumah tangga

“Program yang relevan untuk terus melaksanakan kegiatan terutama yang mendukung kebijakan pemerintah Daerah dan Pusat,” kata Fathul Halim.

Fathul Halim berpesan kepada seluruh anggota PKK untuk memberikan bimbingan dan pembinaan kepada Kader PKK.

“Termasuk Kader wisma guna berjalan sesuai dengan program pemerintah,” kata Fathul Halim.

Fathul Halim menyampaikan menyambut baik kegiatan yang dilakukan PKK dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Dampak pandemi sangat dirasakan seluruh masyarakat dalam bidang ekonomi dan pelayanan kesehatan seperti posyandu,” kata Fathul Halim. (ADV/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *