PASER, Gerbangkaltim.com – Puluhan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser pada Senin (12/10/2020) dikukuhkan, dalam rangka persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Hari ini Satpol PP melaksanakan kegiatan pengambilan sumpah anggota Satlinmas ini sebagai implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) Nomor 26 Tahun 2020,” kata Kepala Satpol PP Paser Heriansyah Idris.

Heriansyah mengatakan berdasarkan Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 Satlinmas memiliki peran dalam penyelenggaraan ketertiban dan ketentraman masyarakat termasuk membantu dalam aparat dalam pengamanan Pilkada.

“Dalam hal pelaksanaan
Pilkada, Satlinmas membantu menjaga Tempat Pemungutan Suara,” kata Heriansyah.

Setelah pengukuhan ini Satpol PP akan melakukan pembinaan secara berkesinambungan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan satlinmas.

Camat Tanjung Harapan Bahrunsyah berharap peran satlinmas dapat membantu menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Paser terutama di Kecamatan Tanjung Harapan.

“Dengan pelantikan ini kami berharap Salinmas dapat menbantu dalam mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum Bupati dan wakil Bupati pada tanggal 9 Desember nanti”, tutup Bahrunsyah. (ADV/MC Kominfo Paser)