PASER, Gerbangkaltim.com– Jubir Satgas Percepatan Penangangan Covid-19 Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan total kasus terkonfirmasi positif hingga 19 Oktober 2020 telah menembus angka 401 kasus.

“Total pasien terkonfirmasi positif 401 kasus, 314 pasien sembuh, 12 orang meninggal dunia dan 75 orang dalam perawatan,” kata Amir saat menyampaikan 16 kasus positif baru melalui konferensi pers di ruang Media Center, Senin (19/10/2020).

Amir mengatakan dalam beberapa pekan terakhir kasus positif Covid-19 di Paser mengalami peningkatan yang signifikan. Saat ini Kabupaten Paser berada di zona merah setelah sebelumnya sempat berada di zona kuning.

Menurutnya, kenaikan kasus positif belakangan ini justru setelah Satgas Covid-19 melakukan beberapa kegiatan penindakan dan penegakkan protokol kesehatan.

“Sekarang penyebarannya tinggi. diperlukan kepedulian masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan,” ucap Amir.

Satgas kata Amir terus melakukan tracing atau penelusuran kontak terhadap orang-orang terpapar Covid-19 guna menekan penyebaran Covid-19 secara meluas.

“Kerja keras tim tracing luar biasa. pagi ini saja ada 195 orang diswab,” ujar Amir.

Pemerintah tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya penumpukan masaa yang berpotensi menjadi penyebaran Covid-19.

“Kegiatan mengumpulkan massa berpotensi penyebaran Covid-19. Jika tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan akan ada penyebaran baru,” ucap Amir.

Amir menilai penggunaan masker merupakan salah satu upaya pencegahan Covid-19 yang tepat, baik pencegahan untuk diri sendiri maupun untuk orang lain, selain penerapan jaga jarak dan cuci tangan di setiap aktivitas.

“Semoga kita bisa keluar dari zona merah dan bisa fokus melakukan perawatan,” ucap Amir. (ADV/MC Kominfo Paser)