PASER, Gerbangkaltim.com – Sebanyak 120 calon jemaah haji asal Kabupaten Paser mengikuti bimbingan manasik haji sejak 19 hingga 26 Oktober 2020, setelah sebelumnya penyelenggaraan haji di Indonesia dihentikan akibat pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan bimbingan manasik untuk persiapan haji tahun depan. Ada 120 orang,” kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Abdurrahman, Selasa (20/10/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di kantor Kemenag Paser itu kata Abdurahman telah diikuti sebagian jamaah.

Setiap sesi kegiatan diikuti 30 orang, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pembinaan ini lanjut dia, calon jamaah haji mengikuti materi diantaranya tentang kebijakan haji tahun 2021, ibadah haji dan umrah, akhlak jamaah haji dan budaya arab saudi.

Abdurahman menjelaskan tujuan dari pelaksanaan bimbingan manasik ini untuk memberikan pemahaman terkait kegiatan haji, umrah, dan hukum wajibnya.

“Dengan kegiatan ini semoga para jamaah, mengerti dan memahami manasik dan kebijakan penyelenggaraan ibadah haji,” kata Abdurrahman.

Akibat kondisi Covid-19 ini, Abdurrahman mengatakan sementara manasik haji hanya di wilayah Kecamatan Tanah Grogot.

“Insya Allah tahun depan akan dilaksanakan 8 kali pertemuan untuk tingkat Kecamatan lainnya,” ungkap Abdurrahman. (Ady/Jya)