PASER, Gerbangkaltim.com – Di hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, Komunitas Pendaki Kalimantan (KPK) regional Kaltim menaiki puncak Sampi di Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser, Selasa (27/10/2020).

Bukan hanya pendaki dari Paser, pecinta alam dari kabupaten tetangga seperti Penajam dan Balikpapan juga turut serta dalam pendakian gunung yang berada di desa Luan ini.

“Kami kumpulkan pendaki dari beberapa daerah di Kaltim untuk ikut berpartisipasi di sini,” kata Hamdi Ketua Komunitas Pendaki Kalimantan Cabang Paser.

Butuh waktu dua jam untuk bisa sampai di puncak gunung. Jalan yang licin dan gunung yang terjal membuat pendaki harus hati-hati saat mendaki.

“Pendakian kali ini benar-benar sangat menantang,” ucap Hamdi.

Perayaan hari pemuda tahun ini agak berbeda berbeda karena pandemi Covid-19. Tidak ada peringatan yang diikuti banyak massa karena untuk menghindari kerumunan.

Maka, salah satu yang bisa dilakukan untuk mengisi kegiatan yaitu, menurut Hamdi, dengan menaiki gunung Sampi ini.

Karena ia berharap dengan pendakian alam ini bisa menjadi pengalaman bagi mereka, terutama terkait menggali potensi wisata alam tersembunyi yang belum banyak tersentuh.

“Kami harapkan pendakian yang dilakukan bisa mendongkrak lagi pariwisata dari Bukit Sampi di Desa Luan ini makanya kami juga buat tulisan Bukti Sampi dipuncaknya,” tuturnya. (Ral)