PASER, Gerbangkaltim.com – Asisten Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Ina Rosana mengatakan pembangunan kembali pasar Senaken yang sebelumnya terbakar diperkirakan selesai akhir tahun ini.

“Pembangunan bisa selesai tahun ini dan pihak kontraktor menyanggupinya,” kata Ina Rosana di sela kunjungan ke lokasi pembangunan pasar Senaken, Selasa (27/10/2020).

Kunjungann ini bersama Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Bagian Ekonomi Pembangunan Setda Paser itu untuk mengecek progres pembangunan pasar tersebut.

“Saat ini progresnya sudah 70 persen,,” ujar Ina.

Pekerjaan rehab pasar Senaken ini dilaksanakan sejak Juni lalu dengan anggaran sebesar Rp15 Miliar.

Sebelumnya Pemkab Paser mengalokasikan Rp20 Miliar untuk pembangunan namun terdapat pengurangan anggaran untuk penanganan Covid-19.

Ina mengatakan sat ini sedang dilakukan pembangunan blok-blok yang sebelumnya digunakan pedagang kelontong dan blok pedagang sayur.

Pemkab Paser lanjut Ina akan terus memantau pembangunan pasar ini. Ia berharap pembangunan dapat selesai sesuai yang direncanakan.

“Makanya saya ngejar agar pasar itu bisa selesai di desember ini. Ini sudah berakhir oktober, dari PT Raka selaku kontraktor menyanggupi dan saya diminta 1 desember mengunjungi proyek ini lagi,” ucap dia.

“Kalau bisa kerja siang malam untuk mengejar waktu itu, kalau perlu ditambah tenaganya,” imbuhnya.

Meski pembangunan pasar selesai tahun ini kata Ina, namun bangunannya belum bisa segera digunakan pada Januari 2021.

“Kalau peresmian bisa saja mungkin di HUT Kabupaten. Namun mungkin untuk ditempati itu yang masih saya bahas,” katanya.

Karena kata dia, setelah bangunan berdiri, paling tidak diperlukan waktu enam bulan pemeliharaan bangunan.

“Baru setelah enam bulan bisa digunakan. Jadi sekitar bulan Juni 2021,” tutup Ina. (Jya)