Penajam – Petugas Gabungan terdiri dari Polres Penajam Paser Utara (PPU) , Kodim 0913/PPU, Satuan Pol PP, dan BPBD Kabupaten PPU, mengoptimalkan kegiatan Operasi Yustisi, untuk menekan dan mencegah wabah Virus Corona (COVID-19) di Kabupaten PPU, Jumat (06/10).

Kapolres PPU menjelaskan, Operasi Yustisi dalam rangka pencegahan COVID-19 tersebut digelar di beberapa titik strategis. Antara lain,  Jalan Raya, Pasar dan Pertokoan di wilayah Kabupaten PPU.

Menurut Kapolres, dari sejumlah titik keramaian yang disasar tersebut masih minim tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa tingkat kesadaran masyarakat sangat rendah dalam mematuhi protokol kesehatan. Masih banyak yang melanggar dan abai akan pentingnya memakai masker. Palingan pas Ketemu petugas saja, abis itu mereka lengah akan protokol kesehatan ini,” jelasnya.

Sementara itu ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H., menjelaskan, pihaknya mengaku tak sedikit menemui masyarakat yang hanya patuh saat disidak petugas saja.

Related Post

“Yang mematuhi protokol kesehatan dengan sadar akan manfaat demi menghindari wabah Covid-19 masih terlalu kecil dibanding yang melanggar. Makanya kami berharap disamping peran tegas aparat gabungan di lapangan, juga sangat dibutuhkan peran serta tokoh masyarakat dalam menjaga disiplin akan protokol kesehatan. Tokoh masyarakat harus jadi contoh dan mendorong bersama akan protokol kesehatan,” katanya.

Menurutnya, Operasi Yustisi memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat, agar senantiasa mematuhi peraturan serta protokol kesehatan, dengan cara selalu menggunakan masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan.

“Warga masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker, diberikan sanksi Lisan dan Tertulis,” Tutup Kombes Pol Ade Yaya Suryana.

Sumber : Humas Polda Kaltim