Sidang Terbuka Pantukhir Akhir Panda Kaltim, 503 Casis Dinyatakan Lulus Bintara Polri 2020

Balikpapan- Polda Kalimantan Timur menggelar sidang terbuka kelulusan akhir penerimaan Bintara Polri T.A.2020 di Gedung BSSC Dome Balikpapan, Jumat (13/11/2020).

Sidang terbuka kelulusan akhir penerimaan Bintara Polri T.A.2020 dibuka langsung oleh Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Irlan Kustian, S.H., dan dihadiri oleh Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Jefri Yanus Endolemba Torunde, S.I.K., para pejabat utama Polda Kaltim, panitia Internal dan External, serta seluruh Orang tua dan Calon Siswa.

Dalam sambutannya Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Irlan Kustian, S.H., mengatakan, Seluruh peserta yang hadir pada saat ini telah melalui proses seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, humanis, unggul dan kompetitif.

Proses seleksi ini dilaksanakan secara terpadu yang mana dimulai dari tanggal 19 Agustus hingga hari ini. Dengan melalui tahapan seleksi yang sangat ketat mulai dari Rikmin awal, Rikkes Tahap I, Uji Akademik dan Antropometri, Rikkes Tahap II, Uji Jasmani, Uji Psikologi dan PMK, Rikmin Tahap Akhir hingga Supervisi dari Panitia Pusat.

Brigjen Pol. Drs. Irlan Kustian, S.H.,mengingatkan bahwa ini merupakan hasil seleksi melalui perjuangan, pembelajaran, pelatihan dan doanya, sehingga dihasilkan peserta sebagai generasi penerus Polri yang tangguh dan berintegritas dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin berat kedepannya.

“Dalam penerimaan anggota Polri tentunya dibatasi oleh kuota didik yang telah diberikan oleh negara kepada Polri khusus nya Polda Kalimantan Timur” ujar Wakapolda.

“Sehingga akan ada peserta yang lulus terpilih dan ada peserta yang lulus namun tidak terpilih. Bagi peserta yang dinyatakan lulus tidak terpilih bukan berarti hasil perjuangan adik – adik tidak baik, tentunya harapan saya yang ada dihadapan saya saat ini lulus semua, namun karena dibatasi oleh kuota per Polda, oleh karena itu kepada seluruh peserta saya harapkan harus siap apapun hasil nya nanti untuk menerima hasil dengan ikhlas dan senantiasa selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa” lanjut Wakapolda.

Sementara itu Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H., menjelaskan, dalam penerimaan tahun ini jumlah total casis Polda Kaltim yang lulus berjumlah 503, terdiri dari 423 dari Penerimaan Bintara PTU Pria, 49 dari Bakomsus Pria, 11 dari Bintara Rekpro Pria, dan 15 Bintara PTU Wanita, dan 5 Bintara Rekpro Wanita.

Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan, nantinya 483 Bintara Polki akan menjalani pendidikan di SPN Polda Kaltim, Sedangkan untuk 20 Polwan akan menjalani pendidikan di Sepolwan.

Sumber : Humas Polda Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *