PASER, Gerbangkaltim.com  – Kodim 0904 Tanah Grogot Kabupaten Paser pada Selasa (17/11/2020) di aula kodim, menggelar sosialisasi kepada organisasi masyarakat guna menyamakan persepsi dalam menjaga persatuan negara.

Kegiatan ini diikuti perwakilan kepala perangkat daerah, organisasi masyarakat, dan organisasi keagamaan.

“Kegiatan ini untuk menjalin hubungan yang harmonis serta menyamakan persepsi antara TNI dengan masyarakat,” kata Pasiter Kodim 0904 Kapten Inf Sartono mewakili Dandim.

Sartono mengatakan dengan kesamaan visi, akan menjadi kekuatan yang dapat digunakan untuk mendukung pertahanan negara.

“Agar ada kesamaan visi, misi dan interpretasi antar segenap komponen bangsa, yaitu untuk menjaga persatuan,” kata Sartono.

Related Post

Kegiatan ini mengusung tema ‘Merawat Kebhinekaan Untuk Tangkal Radikalisme/Separatisme Dalam Bingkai NKRI

Anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Paser, Syahrul mengatakan menjaga persatuan merupakan tugas semua pihak.

“Banyak pengantut agama di Indonesia. Setiap masyarakat dalam hal ini umat beragama, memiliki tugas yang sangat besar yaitu menjaga kerukunan, terutama antar umat beragama,” kata Syahrul.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Edward Effendi menilai praktik radikalisme biasanya berawal dari ketidakadilan.

“Maka dari itu kita antar umat beragama dan instansi lain harus saling laksanakan koordinasi yang bagus guna mencegah itu,” kata Edward. (Jya)