Tujuh Petugas Pelipatan Kertas Suara Reaktif COVID-19

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Sebanyak 7 dari 50 orang petugas penyortir dan pelipat kertas surat suara di KPU Kota Balikpapan reaktif COVID-19 saat dilakukan rapid test. Akibatnya ketujuh petugas ini tidak diperkenankan untuk mengikuti petugas penyortir dan pelipat kertas suara pilkada Balikpapan.

‘Sebelum melakukan penyortian dan pelipatan, 57 orang yang mendaftar sebagai petugas penyortir dan pelipat kertas suara pilkada Balikpapan, kita lakukan rapid hasilnya 7 orang reaktif, dan tidak diperkenankan untuk ikut kegiatan,” ujar Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha,saat dimulainya penyortir dan pelipat kertas suara di Kantor KPU Balikpapan, Senin (23/11/2020) lalu.

Thoha mengatakan, dengan hanya mengerahkan sebanyak 50 orang petugas penyortir dan pelipat kertas surat suara, KPU Kota Balikpapan optimis penyortir dan pelipat kertas surat suara akan rampung.

“Hari ini yang bertugas sortir 50 orang. Harapan kami satu orang dapat sortir dan lipat 2000 lembar surat setiap harinya,” ujarnya.

Sebelumnya KPU Kota Balikpapan sudah mamastikan jumlah surat suara yang dikirim sesuai pesanan yaitu 444.999 lembar. Setelah itu di sortir apakah kualitas surat suara sesuai pesanan, baik kualitas kertas, kualitas warna dan kerapian hasil cetak.

“Setelah hasilnya sempurna, maka kertas suara akan kita lipat dan kita sesuaikan dengan jumlah per TPS kita akan packing 25 25,” terangnya.

Jika dalam penyortiran dan pelipatan surat suara nantinya, sambung Thoha, diketahui ada kekurangan, termasuk jika ditemukan surat suara yang rusak atau kualitasnya tidak sesuai dengan pesanan, akan dicatat dan dilaporkan.

“Kalau ada yang kurang atau cacat, maka akan dicatat dan dilapiorkan, kemudian dan kita akan segera meminta gantinya kepada perusahaan percetakannya,” ujar Thoha.

Thoha juga memastikan dalam kegiatan sortir surat suara pihaknya mengedepankan penerapan protokol Covid 19. Petugas sortir sebelumnya menjalani rapied test. Saat kegiatan sortir surat suara, meja antar penyortir diatur jaraknya sedemikian rupa. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *