PASER, Gerbangkaltim.com – Bhakti Peduli TNI Angkatan Udara merupakan rangkaian kegiatan dari Bhakti Hari Nusantara tahun 2020. Puncak kegiatan Hari Nusantara ini akan berlangsung pada tanggal 13 Desember 2020 di Penajam Paser Utara (PPU).

” Dalam kegiatan ini kami memberikan paket 1000 sembako, 1000 APD, 1000 face shield,” ujar Asisten potensi dirgantara kasau Marsekal Muda TNI Irawan Nurhadi di Balai Kota, Selasa (01/12/2020).

Irawan mengatakan Bhakti Peduli yang tertuju kepada masyarakat terdampak Covid 19 membagikan paket sembako kepada para veteran, tiga kelurahan termasuk kelurahan sepinggan dan supir taxi. Sedangkan untuk APD dan face shield diberikan kepada tiga puskesmas.

Acara puncak yang digelar di PPU dengan tujuan untuk meningkatkan pariwisata, sekaligus mengenalkan PPU sebagai ibu kota negara (IKN) baru. TNI Angkatan Udara akan menggelar olahraga kedirgantaraan seperti halnya paramotor, atraksi droone termasuk fly pus dengan pesawat hock.

Mengingat saat ini masa Pandemi Covid 19, maka TNI AU menyerahkan kepada pemerintah daerah setempat terkait pelaksanaan protokol kesehatan.

Related Post

” Tentunya kami menyarankan untuk kegiatan itu orang yang masuk dalam lokasi melalui rapid test, kemudian juga sesuai dengan protokol kesehatan. Kemudian di masyarakat juga kami himbau untuk menggunakan masker,” jelasnya

Tentunya para peserta yang akan mengikuti kegiatan puncak hari Nusantara di penajam telah mengikuti rapid test. Ketika ditanya kenapa memilih PPU sebagai tempat dalam perayaan puncak kegiatan Hari Nusantara tahun 2020, hal tersebut dikarenakan perintah dari pusat yang harus dilaksanakan.” Kami hanya sebagai pelaksana yaitu merupakan suatu perintah dari pusat,” paparnya

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi menanggapi Bhakti Peduli TNI AU ini memberikan semangat kepada masyarakat. ” Kami ucapkan terima kasih,” serunya.

Sejauh ini, hari Nusantara yang pernah digelar pada tahun 2009 ini sangat penting mengingat bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri daratan, lautan dan udara. ” Sangat bermanfaat,” tungkasnya.

Bhakti Peduli dihadiri oleh Paban IV/Komsosdirga Kolonel Pnb Bayu G.H Kusuma, Dan Danlanud Balikpapan Kolonle Pnb Hendrayansyah serta pejabat Lanud dhomber dan spotdirga Balikpapan. (mh/gk)