PASER, Gerbangkaltim.com – Komite Penanganan Covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Kementerian Komunikasi Informatika (Kominfo) menggelar webinar di Kabupaten Paser, dengan tema “Peran Diskominfo Mendorong UMKM Go Digital”, Rabu (02/11/2020).

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yakni Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoStaper) Kabupaten Paser Djoko Bawono dan Kasie Aplikasi dan Pengembangan Informatika Lisa Ariyani.

Dalam webinar ini, Sekretaris DiskominfoStaper Djoko Bawono mengatakan saat ini UMKM sudah harus beralih ke digital dalam memasarkan produknya.

“UMKM kita sudah harus ke digital atau memasarkannya secara online,” kata Djoko.

Dengan pemasaran online, UMKM bisa menjangkau konsumen tanpa batas. Tidak hanya di Kabupaten Paser, tapi bisa menjangkau konsumen di seluruh Indonesia.

“Seperti produk khas Paser amplang, petis, dan madu. Ini bisa dipasarkan secara luas, konsumennya seluruh Indonesia,” kata Djoko.

Related Post

Pemasaran produk UMKM secara online, lanjut Djoko, bisa memangkas biaya atau pengeluaran. Tidak ada biaya produksi atau sewa tempat seperti usaha secara offline.

“Ini juga bisa memengaruhi pendapatan,” ujarnya.

Selain itu semua, keunggulan UMKM online adalah tidak harus memiliki tempat usaha.

“Tidak harus punya lokasi. Biasanya kita kalau tidak punya lapak tidak bisa jualan. Dengan online, masalah tempat tidak masalah. Kita ketemu konsumen online,” ujar Djoko.

Oleh karena itu Djoko mengajak kepada seluruh pelaku UMKM di Kabupaten Paser untuk memaksimalkan pemasaran hasil produknya melalui online. (Advertorial)