PASER, Gerbangkaltim.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Paser menyerahkan 2.888 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Bawah Kendali Operasi (BKO) kepolisian setempat, Rabu (02/12/2020).

Hadir dalam dalam serah terima BKO itu Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko, Ketua KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Paser Heriansyah Idris mengatakan guna mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang.

“Setelah proses BKO, 2.888 satlinmas sekarang berada di bawah pembinaan Polres Paser,” kata Heriansyah.

Heriansyah mengatakan, dari 2.888 linmas ini, 1.288 personel diantaranya ditugaskan untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“1.288 PAM TPS ini akan membantu mengamankan 644 TPS,” ujar Heriansyah.

Satlinmas berjumlah hampir tiga ribu ini, kata Heriansyah, terdiri dari 1390 satlinmas desa, 110 satlinmas kecamatan, dan selebihnya 50 satlinmas kelurahan serta 50 satlinmas kabupaten.

Related Post

Selain bertugas membantu pengamanan Pilkada, lanjut dia, mereka juga berperan dalam pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan.

“Satlinmas juga harus mengingatkan pada warga yang ingin menggunakan hak suara untuk tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujar Heriansyah.

Kapolres Paser AKBP Eko Susanto mengatakan selama di bawah kendali Polres Paser, Satlinmas harus selalu berkoordinasi dengan Polri dan TNI.

“Jika ada masalah di lapangan dapat berkordinasi dengan kami,” kata Eko Susanto.

Dalam menjalankan tugasnya, menurut Eko, Satlinmas harus memahami wilayah mereka masing-masing.

“Untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada yang menerapkan protokol kesehatan, perlu adanya sinergitas antara Polri, TNI, Satpol PP dan linmas.

Eko berharap Satlinmas dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berlangsung sukses dan aman. (Dit)