22 Petugas Pilkada Paser Terpapar Covid-19

PASER, Gerbangkaltim.com – Jubir Satgas Percepatan Penaganan Covid-19 Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan sebanyak 22 petugas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) terkonfirmasi positif Covid-19.

Puluhan petugas itu terdiri dari anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

“Ada 22 orang petugas pilkada positif Covid-19,” kata Amir Faisol saat konferensi pers di ruang Media Center, Selasa (15/12/2020).

Amir mengatakan terpaparnya kedua puluh dua orang bukan dari klaster Pilkada. Sebelumnya terdapat 6.599 petugas pilkada yang menjalani rapid test dan sebagian dari mereka telah menjalani uji swab.

“Ini terpaparnya bukan tracing rangkaian pilkada. Sebagian besar di luar kegiatan Pilkada. Mungkin saat interaksi di rumah, masyarakat atau perjalaman luar daerah,” jelasnya.

Amir mengatakan terpaparnya 22 orang tersebut tidak mengganggu jalannya tahapan Pilkada. Sebab, puluhan orang tersebut bertugas di TPS berbeda.

“Sehingga ketidakhadiran mereka tidak memengaruhi tahapan. Masih bisa ditangani petugas lain,” ujar Amir.

Meski demikian Satgas Covid-19 kata Amir, mengapresiasi kepada KPU sebab secara umum penerapan protokol kesehatan sudah dijalankan.

“Meski kami tidak menampik satu atau dua TPS yang tidak menerapkan. Namun secara umum TPS menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Amir. (Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *