Penerima PKH Paser Harus Terdaftar di DTKS

PASER, Gerbangkaltim.com –  Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Paser Uswantun mengatakan penerima bantuan PKH harus terdaftar dalam Data  Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang bisa dilakukan di setiap desa.

“Bagi yang ingin mengurus DTKS bisa ke kantor Desa melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG),” kata Usawtun Hasanah, Senin (11/01/2021), menanggapi banyaknya masyarakat yang ingin mendaftar menjadi penerima PKH.

Dikemukakan Uswatun, setelah melalui proses pendataan di DTKS, Kementerian Sosial akan memverifikasi persyaratan penerima PKH. Kemensos akan memastikan penerima PKH memenuhi persyaratan.

Pada tahun 2021, kata Uswatun, dalam DTKS tersebut terdapat 6.599 warga Kabupaten Paser yang mendapat bantuan PKH dari Kementerian Sosial.

“Sudah ada data 6.599 warga yang akan menerima bantuan dan akan ditransfer langsung  ke rekening masing- masing,” ucapnya.

Ia menambahkan, masyarakat saat ini tidak bisa langsung mendaftar menjadi penerima bantuan PKH karena pendataannya telah sebelumnya dilakukan.

“Masyarakat  banyak yang datang  namun kami hanya bisa memberikan penjelasan terkait 6.599 warga yang terdata  menerima Bantuan Program Keluarga  Harapan di Kabupaten Paser,” jelas Usawatun

Kepala Bidang Perlindungan  dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Paser M. Yunus mengatakan bantuan PKH hanya diperuntukkan bagi warga tidak mampu diantaranya ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah  penyandang disabilitas, penderita penyakit TBC, dan lanjut usia.

“Ibu hamil dan anak usia dini akan mendapat bantuan sebesar  Rp3 juta,“Pelajar SD dapat 900 ribu. Sedangkan pelajar SMP dapat Rp1,5 juta , dan pelajar SMA dapat Rp2 juta,” ujar Yunus.

Penyandang disabilitas mendapat Rp2,4 juta , penderita penyakit TBC mendapat Rp 3 juta  dan lanjut Usia mendapat Rp2,4 juta.

“Penyalurannya secara bertahap tiga bulan sekali,” ujar Yunus. (Ral)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *