Vaksinasi Covid-19 di Paser Dijadwalkan Februari

PASER, Gerbangkaltim.com – Jubir Satgas Penangangan Covid-19 Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Paser dijadwalkan pada Februari 2021,  diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.

“Untuk Paser dan kabupaten lain di Kaltim, vaksinasi tahap pertama termin satu dijadwalkan pada Februari 2021,” kata Amir saat konferensi pers di ruang Media Center, Kamis (14/01/2021).

Sebanyak 25 ribu dosis vaksin yang sudah datang ke Kaltim, kata Amir, pada Kamis 14 Januari 2021 ini, akan diberikan kepada warga ibu kota provinsi yakni Samarinda dan kota terdekat yakni Kutai Kartanegara.

“Hari ini dimulai vaksin hanya di Samarinda dan Kukar, atau kota yang terdekat dengan ibu kota provinsi. Ini meralat pemberitaan bahwa Paser juga vaksinasi hari ini,” ujar Amir.

Dikemukakan Amir, pada tahap pertama akan datang sebanyak 3.520 dosis vaksin untuk tenaga kesehatan di rumah sakit, puskesmas dan kantor pelayanan kesehatan lainnya serta kantor kesehatan Pelabuhan.

Tahap selanjutnya atau tahap satu termin dua yakni pada April 2021 vaksinasi bagi pejabat publik, aparatur pemerintah yang sering kontak masyarakat seperti Polri, TNI, Satpol PP, dan aparatur lainnya.

Sedangkan vaksinasi untuk masyarakat umum, kata Amir, dijadwalkan pada tahap kedua termin pertama, atau di bulan April atau Mei 2021.

“Tahap dua termin satu baru ke masyarakat. Vaksin diprioritaskan untuk masyarakat di daerah rentan atau yang memiliki resiko tinggi penularan Covid-19,” ujar Amir.

Amir mengatakan vaksinasi diberikan kepada warga yang berusia 18 sampai 59 tahun. Dari 270 ribu warga Paser, 160 ribu diantaranya akan divaksin Covid-19, kecuali pasien yang pernah positif Covid-19 dan tidak prioritas bagi mereka.

“Juga terkecuali warga yang punya riwayat penyakit. Warga yang suhu tubuh lebih dari 37 derajat dan tekanan darah di atas 40 akan ditunda divaksin,” jelas Amir. (Ral)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *